Kegiatan sosialisasi PLN UIP2B (Foto: Mia Nala Dini-DepokNews)

DepokNews- Keandalan penyaluran listrik khususnya pada daerah Jakarta Selatan-Depok, tidak hanya ditentukan oleh bagaimana PT PLN (Persero) UIP2B dalam mengatur penyaluran listrik. Namun juga ditentukan oleh bagaimana masyarakat ikut andil dalam menjaga keamanan dan keandalan infrastruktur tenaga listrik disekitar rumahnya. 

Oleh karena itu PLN UIP2B melalui Biro K3L secara rutin melakukan sosialisasi kepada masyarakat umum disekitar area kerjanya, salah satunya adalah sosialisasi dengan tema “Manfaat dan Bahaya Listrik Bagi Masyarakat Umum”, kepada 200 Guru dan Kepala Sekolah Se-Jabodetabek di Aula Universitas Indonesia, Minggu (17/11/2019). 

Pejabat Operasional K3L PLN UIP2B Risky Nut Hermawan mengatakan PLN butuh peran serta masyarakat dalam menjaga instalasi listrik yang ada disekitar rumah, dapat berupa kabel, trafo maupun tower.

“Tugas menjaga instalasi instalasi, bukan hanya tugas PLN. Tapi semua yang menggunakannya,” ujarnya saat membuka sosialisasi tersebut.

Selanjutnya materi sosialisasi disampaikan oleh Reza Kurniawan Harnandika selaku Assistant Engineering K3L PLN UIP2B, beberapa poin utama yang disampaikan pada sosialisasi tersebut, diantaranya, sering terjadi kecelakaan oleh masyarakat umum karena kurangnya pemahaman masyarakat pada instlasi listrik disekitarnya. Selanjutnya, layang-layang, balon dan pohon menjadi salah satu faktor yang dapat mengganggu sistem penyaluran listrik pada Tower SUTT/SUTET. 

“Terakhir, masyarakat diharap dapat menjadi stakeholder utama PLN dalam menjaga keandalan penyaluran listrik melalui ikut menjaga instlasi listrik disekitar rumahnya,” jelas Reza.

Acara ditutup dengan sesi tanya jawab terkait permasalahan yang sering ditemukan oleh masyakarat dalam aktivitasnya sehari-hari dan solusi untuk mencegah terjadinya kecelakaan masyarakat umum.(mia)