DepokNews – Komisi VII DPR RI telah memilih dan memutuskan delapan nama calon anggota Dewan Energi Nasional (DEN), Kamis (12/11). Delapan nama yang dipilih dan diputuskan secara musyawarah mufakat itu terdiri dari Agus Puji Prasetyono, Musri mewakili kalangan akademisi; Satya Widya Yudha Herman Darnel Ibrahim mewakili pelaku industri; Daryatmo Mardiyanto dan Eri Purnomohadi mewakili konsumen; As Natio Lasman mewakili kalangan teknolog serta Yusra Khan mewakili pegiat lingkungan.

Selanjutnya delapan nama calon anggota DEN tersebut akan diajukan ke Rapat Paripurna DPR RI untuk disahkan dan diajukan kepada Presiden untuk dilantik.

Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PKS, Mulyanto, menjelaskan proses pemilihan dan penetapan delapan nama calon anggota DEN itu dilaksanakan secara seksama dengan memperhatikan rekam jejak dan prestasi setiap calon yang diajukan. Setiap nama diberi kesempatan yang sama untuk mengenalkan diri termasuk menyampaikan visi-misi dan rencana kerja jika terpilih menjadi anggota DEN.

“Calon yang terpilih cukup kapabel sesuai dengan klasternya masing-masing. Harapannya (mereka) bisa mengangkat DEN, menghasilkan dan mengawal kebijakan energi nasional yang tepat sehingga dapat mendorong laju pembangunan ke depan,” ujar Mulyanto.

Wakil Ketua FPKS DPR RI Bidang Industri dan Pembangunan ini menambahkan tugas anggota DEN ke depan ini sangat berat karena harus menyusun rencana kerja strategis agar ketersediaan energi nasional terpenuhi secara berlanjut. Selain itu DEN juga perlu membuat terobosan agar bauran penggunaan energi baru terbarukan (EBT) dapat terwujud sesuai target yang ditentukan.

“Saya sangat berharap anggota DEN yang terpilih sekarang dapat bekerja secara efektif sehingga semua target pembangunan energi nasional bisa tercapai.

Isu energi saat ini sangat strategis. Karena itu perlu perencanaan dan kebijakan yang tepat agar kebutuhan energi nasional terpenuhi tanpa bergantung pada pihak lain,” imbuh doktor nuklir lulusan Tokyo Institute of Technology, Jepang, ini.

Mulyanto berharap setelah dipilih dan ditetapkan secara musyawarah mufakat, delapan nama calon anggota DEN dapat disahkan segera melalui Sidang Paripurna DPR RI. Menurut Mulyanto penetapan dan pelantikan anggota DEN yang baru ini harus segera dilakukan agar DEN tidak vakum seperti sekarang.