DepokNews–Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) UPN Veteran Jakarta  – Fakultas Teknik melaksanakan kegiatan pemanfaatan limbah sekam padi menjadi briket sebagai bahan bakar alternatif. Kegiatan PKM ini berlokasi di depan kantor kepala desa Panyirapan kecamatan Baros kabupaten Serang Banten. Sebelum kegiatan berlangsung peserta yang hadir diberikan masker dan arahan untuk tetap menjaga protokol Kesehatan.

“Kami sangat senang dan sangat berterima kasih kepada bapak-bapak dosen UPN Veteran Jakarta (UPNVJ) yang sudah membagikan ilmunya terkait dengan pengolahan limbah sekam padi, terutama cara mengolah dan mencetak briket. Besar harapan saya ini menjadi kegiatan yang terus berlangsung di desa panyirapan ini dan kegiatan-kegiatan yang serupa,” ujar kepala desa Ahmad Rifai .

Dosen Fakultas Teknik (FT) UPNVJ, Nur Cholis sebagai ketua tim mengatakan bahwa permasalahan yang dialami oleh mitra dalam hal ini kelompok tani desa Panyirapan diantaranya adalah belum termanfaatkannya limbah sekam padi secara optimal.

“Melalui Program pemberdayaan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada pengurus dan anggota kelompok tani, serta untuk mendapatkan manfaat penggunaan sekam padi yang merupakan limbah atau bahan sisa yang tidak terolah menjadi sumber energi alternatif. Terlebih lagi dimasa pandemi ini dimana penghematan bahan bakar pada rumah tangga menjadi salah satu solusi,’ujarnya, kamis (06/08/2020).

Tim PKM UPNVJ juga memberikan bantuan berupa alat pencetak briket dan kompor briket kepada perangkat desa setempat. Turut membersamai kegiatan dari Fakultas Teknik;  M. Arifudin Lukmana, Donny Montreano dan Fahrudin membantu selama kegiatan berlangsung. Disela-sela pemberian materi dan peragaan, para peserta diberikan kesempatan tanya-jawab dan praktek mandiri.