Pjs Wali Kota Depok, Dedi Supandi

DepokNews- Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Depok, Dedi Supandi mengatakan, menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Depok menjadi salah satu agenda di masa kepemimpinanya sampai 5 Desember mendatang. Hal ini disampaikan oleh Dedi pada saat menghadiri webinar bertajuk Tantangan Pilkada di Masa Pandemi.

“Sejak dilantik pada akhir September kemarin, saya diamnahi lima program pokok. Salah satunya, melakukan konsolidasi Pilkada dan memastikan penyelenggaraan pesta demokrasi tersebut tidak menghasilkan klaster baru di Kota Depok,” katanya, saat menjadi narasumber, yang disampaikan secara virtual, Rabu malam (25/11/20).

Dikatakan Dedi, saat ini pihaknya terus menggencarkan konsolidasi dengan instansi atau mitra yang terkait dengan Pilkada, seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Depok. Selain itu, pihaknya juga melakukan evaluasi terhadap partisipasi politik.

Selanjutnya, ujar Dedi, pada Pilkada tahun 2015 jumlah pemilih di Kota Depok berkisar 56,10 persen. Padahal, ucapnya, saat itu sedang tidak pandemi. Oleh karena itu, dirinya berharap saat ini merupakan waktu yang baik untuk meningkatkan patisipasi pemilih. Tentunya, hal itu diperlukan kerjasama dari berbagai pihak.

Tambah Dedi, ada berbagai langkah yang ditempuh guna meningkatkan partisipasi pemilih. Dikatakannya, selain ditopang dengan regulasi, juga dikuatkan dengan pendanaan, dengan melakukan relokasi dan refocusing terhadap anggaran pilkada 2020 di daerah masing-masing.

Tak lupa, ucap dia, protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker, pembatasan jumlah personi, pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi untuk mengganti pertemuan tatap muka menjadi salah salah satu faktor meningkatkan partisipasi pemilih.