Pileg 2019 Alokasi Kursi Anggota Dewan Per Dapil Dirombak, Inilah Simulasinya

DepokNews- Jatah kursi anggota DPRD untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 akan dirombak. Kecamatan Pancoran Mas dan Cimanggis akan berkurang dari tujuh kursi menjadi enam kursi.

Sebelumnya mendapat tujuh kursi, kini berkurang satu menjadi enam kursi. Namun begitu, hal tersebut baru akan terjadi jika KPU menggunakan simulasi alternatif satu di mana DAK2 dibagi jumlah kursi dan BPPd.

Kepala Divisi Program Data dan Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kota Depok, Suwarna mengungkapkan, bahwa sosialisasi tersebut merupakan tahap awal dan baru akan disahkan pada Februari 2018 mendatang.

“Ini kan masih awal dan kami harus melakukan simulasi, daripada kami menggunakan angka fiktif maka kami gunakan data yang asli terkait jumlah penduduk dari Kemendagri,” jelasnya saat Sosialisasi Penataan Daerah Pemilihan dan Penghitungan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kota/Kabupaten Pemilu 2019.

Suwarna melanjutkan, pro kontra pasti akan terjadi dalam penataan daerah pemilihan. Namun, ia juga mempersilahkan kepada partai politik untuk mencarikan alternatif lain. Dikatakannya, bahwa hal itu memang baru sebatas wacana yang harus dilempar ke publik.

“Kami membuat simulasi sesuai aturan yang ada dan yang kami buat ada dua alternatif. Ini kami lempar ke publik untuk ditanggapi karena kan ada uji publik. Masalah dapil ini sudah menjadi perbincangan luas. Nanti tentunya ada kesepakatan bersama agar menjadi dapil yang ideal, enak untuk partai maupun penyelenggara, jadi tidak ada yang merasa dirugikan,” terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk jumlah daerah pemilihan nampaknya tidak ada yang berubah masih sama dengan pileg 2014 silam yakni enam dapil. Pihaknya belum terpikir untuk menambah jumlah dapil karena saat ini pihaknya masih mengacu kepada peraturan yang ada.

“Memang kalau masih enam dapil ada pengurangan dan penambahan kursi di beberapa dapil, itu merupakan konsekwensi dari pertumbuhan penduduk. Untuk wilayah selatan dan barat Depok ini pertumbuhan penduduknya sangat besar, banyak muncul permahan baru dan perpindahan penduduk,” terangnya.

Dalam simulasi alternatif satu digambarkan bahwa jumlah kursi di dapil satu yakni Cimanggis dari 7 kursi menjadi 6 kursi, dapil dua yakni Tapos-Cilodong yang semula 10 kursi bertambah satu kursi menjadi 11 kursi, dapil tiga Sawangan-Bojongsari-Cipayung yang semula 10 kursi bertambah satu kursi menjadi 11 kursi.

Sementara dapil empat Beji-Cinere-Limo masih tetap 9 kursi, dapil lima Pancoran Mas yang semula tujuh kursi berkurang satu kursi menjadi 6 kursi dan dapil enam yakni Kecamatan Sukmajaya masih tetap tujuh kursi.(mia)