DepokNews–Petugas Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji pada Kamis (21/6) melakukan aksi operasi bersih (opsi) di sekitar kawasan pasar tersebut.

Kepala UPT Pasar Kemiri Depok, Sabeni menuturkan, Opsih yang dilakukan berupa pembersihan sampah dan saluran air yang ada di Pasar Kemiri.

Lebih lanjut, dengan adanya Opsih, pasar tersebut terlihat lebih bersih dan tertata.

Sekarang di pasar ini sudah tidak ada lagi penumpukan sampah, semua sampah yang diangkut langsung dibawa ke Tempat Penampungan Sampah (TPS) untuk dipilah lagi.

Ia menjelaskan, dalam menjaga kebersihan pasar, pihaknya membentuk tim Opsih yang terdiri dari 11 orang yang didukung oleh petugas tata tertib pasar.

Di sini volume sampahnya cukup banyak, dalam sehari yang kita angkut sebanyak 85 kubik sampah.

Ia berharap melalui Opsih yang rutin dilakukan, semakin meningkatkan kunjungan warga untuk berbelanja ke Pasar Kemiri Depok.

“Kita berharap dengan kondisi pasar yang bersih dan tertata, masyarakat yang datang berbelanja pun merasa nyaman,” pungkasnya.

Opsih tersebut diadakan setiap dengan melibatkan petugas kebersihan pasar.

Tujuannya agar kondisi pasar bersih sehingga minat masyarakat untuk berbelanja di pasar tradisional terus meningkat.

“Program opsih sudah berjalan delapan tahun. Pelaksanaannya setiap Rabu dan Jumat dengan maksud pasar tradisional kita terlihat bersih, rapi, tidak becek, serta indah dilihat,” ujarnya.

Kegiatan opsih pasar diharapkan melibatkan pegawai pasar mulai dari staf, petugas kebersihan, dan petugas keamanan sehingga semua bisa bekerja sama dalam ntuk menjaga kebersihan pasar.

“Adanya kegiatan rutin tersebut mampu menjadikan pasar rapi dan bersih sehingga ada keinginan masyarakat untuk singgah ke pasar tradisional,” ujarnya.

“Diharapkan pedagang termotivasi untuk ikut menjaga kebersihan di tempatnya berdagang. Mereka harus menyadari lingkungan yang bersih akan mengundang pembeli datang dan berbelanja ke pasar,” ujarnya.