DepokNew–Belasan petugas Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Pemkot Depok membersihkan tumpukan sampah di TPS RW 06 Kelurahan Pondokcina, Kecamatan Beji.

Koordinator Petugas DKLH Kecamatan Beji Wawan mengatakan TPS di RW 06 itu  kerap dipenuhi tumpukan sampah, dikeluhkan warga sekitar karena mengeluarkan bau busuk menyengat dan mengganggu kesehatan warga. 

“Kami turunkan petugas untuk dan empat truk membersihkan sampah, kami bersihkan semua atau zero sampah”katanya.

Untuk membersihkan sampah tersebut, petugas membutuhkan waktu satu minggu dengan menggunakan alat berat.

Keberadaan sampah di kawasan ini sangat dikeluhkan warga. Sebab, selain menimbulkan aroma tak sedap, warga sangat khawatir menjangkitnya penyakit akibat keberadaan sampah ini.

“Makanya kami petugas dan warga membersihkannya dan sekarang menjadi bersih”katanya.

Sampah yang dibersihkan dilokasi itu dapat mencapai empat truk sampah yang kemudian dibuang ke lokasi pengelolaan sampah di Cipayung.

Sampah memang selalu menjadi masalah bagi sebagian orang, karena siapa yang betah kalau berurusan dengan yang namanya sampah.

Saat ini kesadaran masyarakat dalam membuang sampah di tempat pembuangan sementara (TPS) dan melakukan pemilahan sampah masih minim.

Buktinya masih ditemukan beberapa warga yang membuang sampah tidak pada tempatnya.

Bahkan ada warga yang membuang sampah ke TPS dengan cara dilempar. Akibatnya sampah tidak masuk dalam bak dan justru meluber hingga ke jalanan.

Wawan berharap dan mengajak masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah sebagai salah satu upaya mengurangi volume sampah.