Petani Hidroponik Dapatkan Pelatihan Agar Punya Ladang Usaha

depoknews.com- Dalam rangka memperluas pengetahuan dan menambah modal usaha,
sejumlah petani hidroponik di kota Depok mendapatkan pembekalan cara mengatur komposisi campuran pada media tanam.Hal ini diharapkan dapat menjadi ladang usaha para petani. Karena tidak semua orang tahu bahan-bahan yang terkandung di dalamnya

“Kami bekerja sama dengan pakar pertanian hidroponik untuk membekali petani hidroponik di Kota Depok, cara bagaimana mengatur komposisi media tanam menggunakan nutrisi AB mix dan ini sifatnya sangat rahasia,” ujar Kepala Bidang Ketahanan Pangan dan Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok, Hermin Kusmiati, Jumat (18/05/18).

Dirinya menambahkan, campuran nutrisi tersebut dapat dijadikan ladang usaha. Apalagi jika dapat melakukan percampuran sendiri, hal ini akan membuat modal menjadi lebih murah

“AB mix ini dicampur dengan beberapa bahan kimia, kita informasikan kandungannya apa saja, takarannya berapa. Di pasaran, harga nutrisi AB mix per liternya kurang lebih Rp 100 ribu. Jika mencampur sendiri, modalnya hanya Rp 50 ribuan. Jadi bisa dijadikan ladang usaha yang menjanjikan,” jelasnya.

Hal tersebut juga disampaikan oleh salah seorang petani hidroponik asal Bojongsari, Herlangga Suparjo mengatakan, dirinya sangat antusias dalam mengikuti pelatihan percampuran nutrisi AB mix ini. Jika nanti sudah mahir, dirinya berencana membuat nutrisi sendiri untuk dijadikan usaha sampingan, maupun untuk dipakai sendiri.

“Nutrisi itu memang sangat rahasia, kami sadar kalau kami ikut pelatihan hidroponik untuk membuat nutrisi AB mix di luar akan dikenakan biaya yang mahal. Kami sangat bersyukur dengan adanya pelatihan hidroponik gratis oleh DKPPP,” ujarnya.

Sumber : depok.go.id