Peserta Akseptor Keluarga Berencana di Kota Depok Lampaui Target

Depoknews–Terjalin baiknya koordinasi di lintas sektor dinilai menjadi kunci meningkatnya jumlah pengguna KB. Bahkan tahun ini perolehan akseptor Keluarga Berencana (KB) di Kota Depok melampaui target yaitu sebanyak 13.897 orang.

” Awalnya target akseptor 12.222 orang. Namun, pelayanan yang dilakukan serentak di 11 kecamatan tersebut, berhasil mencapai 13.897 orang.Raihan ini tidak terlepas dari semangat para petugas penyuluh KB di lapangan. Termasuk kerja sama yang baik bersama lintas sektor, seperti Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok, TP-PKK Kota Depok, dan Kodim 05/08 Depok,” kata Kepala DPAPMK Kota Depok, Nessi. Minggu (05/07/2020)

Nessi merinci, pelayanan yang banyak digunakan oleh pasangan usia subur adalah suntik, mencapai 7.820 akseptor. Disusul pil sebanyak 3.098, kondom sebanyak 1415 akseptor, dan IUD sebanyak 881 akseptor.

“Selain kemitraan, juga tingginya rasa memiliki terkait keberlangsungan program Ketahanan Keluarga,” katanya.

Nessi menilai, hal itulah yang mendorong semangat kader Petugas Keluarga Berencana untuk bekerja lebih keras. Meskipun di tengah pandemi, tenaga kesehatan juga melakukan sosialisasi ke rumah warga.

“Jadi tidak membuat kerumunan, mereka ada yang ketemu atau menyisipkan di sela kegiatan untuk menyosialisasikan hal ini,” pungkasnya.