Pertamina MOR III dan Mahasiswa Kimia FT UI Luncurkan Photovoltaic

DepokNews–Pertamina MOR III bersama mahasiswa Departemen Kimia Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI) meluncurkan Photovoltaic Charging Outlet untuk menunjang kegiatan akademis mahasiswa.

Teknologi charging outlet dari tenaga surya yang diluncurkan di spot belajar mahasiswa ini menjadi pelopor penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) di lingkungan kampus.

Potensi pengembangan EBT dari energi cahaya matahari sangat potensial diterapkan di Indonesia.

Data dari IRENA & World Bank menyebutkan bahwa tingkat iradiasi atau potensi penyinaran radiasi matahari suatu wilayah, khususnya di wilayah Jabodetabek, tergolong cukup tinggi.

Sehingga wilayah Kampus UI Depok cocok sebagai lokasi pemasangan panel surya photovoltaic cell.

Melihat potensi tersebut, Unit Manager Communication & CSR MOR III Dewi Sri Utami menyebutkan pihaknya mendukung penuh inisiatif anak muda dalam mengembangkan teknologi berbasis EBT di lingkungan kampus.

Para generasi muda punya potensi yang luar biasa dalam mengembangkan EBT.

“Maka dari itu mereka harus dilibatkan. Semakin banyak yang berpartisipasi dalam aksi green initiatives ini, tentu akan berdampak positif untuk perkembangan EBT masa depan”katanya.

Terlebih lagi dalam proyek ini, para mahasiswa sendiri dapat langsung merasakan manfaatnya untuk menunjang kegiatan akademis.

M. Novaldy Sangadji, mahasiswa FT UI yang juga merupakan Project Officer Photovoltaic Charging Outlet menambahkan bahwa timnya sengaja memilih lokasi Gazebo FT UI sebagai fokus proyek ini.

Sebab, lokasi ini memang merupakan spot favorit tempat para mahasiswa belajar dan berkumpul.

“Kini, di Gazebo FT UI sudah terdapat 4 unit stop kontak yang terhubung melalui kabel ke 4 buah panel photovoltaic cell dengan daya masing-masing 200 Wp yang kami letakkan di atap gedung”katanya.

Dia dan teman-teman kini dapat memanfaatkannya untuk nge-charge laptop dan HP saat sedang mengerjakan tugas dan berdiskusi.

Dukungan Pertamina MOR III dalam green initiative ini mendapatkan apresiasi dari Prof. Dr. Ir. Widodo W. Purwanto, DEA selaku Dosen Energi Berkelanjutan di Departemen Teknik Kimia FT UI.

Selain berkontribusi dalam pengembangan EBT di kalangan akademisi muda, proyek ini berhasil memadukan ilmu operasi listrik dengan renewable energy.

“Kami ucapkan terima kasih atas dukungan penuh dari Pertamina MOR III. Semoga ke depan kerja sama yang baik ini dapat terus terjalin,”katanya.Area lampiran