DepokNews-STEI SEBI kembali mengadakan acara yang bertajuk ekonomi syariah. Acara itu bernama Gebyar Ekonomi Syariah, yang sudah memasuki tahun ke 13. Terdapat beberapa rangkain acara di dalam GES 13 sebelum acara pucak dilaksanakan. Salah satunya workshop yang bertemakan “Creative Bussiness Plan” yang dilaksanakan hari Ahad (31/03). Acara dilaksanakan di LIPI Bogor pada pukul 09.30.

Kegiatan ini terdiri dari dua sesi, yang pertama adalah seminar dan yang kedua adalah workshop. Seminar dengan tema “Mempersiapkan Diri untuk Bisnis Kreatif” dibawakan oleh Dayan Agniansyah. Beliau adalah fouder dari komunitas EBI (Eco Bisnis Indonesia). Di dalam komunitas itu, ada kegiatan yang dapat mengasah kreativitas. Dimana mereka mengolah sampah menjadi barang jadi yang mempunyai nilai jual. Contohnya seperti plastik sachet bekas pewangi pakaian yang dapat diubah menjadi tas kecil. “Pengusaha adalah orang yang percaya diri, kreatif dan berani. Kita tidak selalu mendapatkan apa yang diinginkan di dunia usaha. Setiap orang harus mempunyai tujuan yang jelas dan timeline pencapaian. Jangan hanya terpaku dalam sebuah usaha tetapi melupakan kewajiban kita untuk beribadah.” Tutur Dayan Agniasnyah dalam sesi penyampaian materi. Tidak hanya penyampaian materi, di sela-sela kegiatan seminar diadakan simulasi kepada peserta yang berfungsi untuk mengasah kreativitas.

Selanjutnya sesi kedua yaitu workshop, dibawakan oleh Roby Rajab Firmansyah selaku direktur PT. Rodesna Sumber Rezeki. Dalam sesi ini pemateri menjelaskan kepada peserta, mengapa seseorang harus berbisnis dan kiat-kiat memulai bisnis. Di akhir sesi, beliau memberikan tujuh pertanyaan di secarik kertas pada peserta. Dengan harapan para peserta tidak hanya menuliskan targetnya tetapi dapat melaksanakan semua yang telah dituliskan di kertas itu.

Seluruh peserta sangat antusias mengikuti workshop ini. Bahkan kegiatan ini mendapatkan respon positif dari peserta dan pembicara. Acara ditutup dengan doa dan foto bersama antara panitia dan peserta.