DepokNews- Berbagai upaya dilakukan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Pancoran Mas dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat miskin. Salah satunya yaitu dengan meluncurkan program  ambulan motor masyarakat (Ammora).

 Kepala UPTD Puskesmas Kec. Pancoran Mas drg. Rr. Ambar Hardiani Widjajanti mengatakan Ammora merupakan kepanjangan dari Ambulan Motor Masyarakat Pancoran Mas. Program ini salah satu upaya mempermudah memberikan pelayanan kepada masyarakat miskin yang sudah lemah dan tidak mampu.

“Jadi karena selama ini ambulan tidak bisa masuk ke tempat yang jalannya sempit dan rumah yang ada di dalam.  Sehingga muncul ide agar memanfaatkan dua unit motor yang ada di Puskesmas.  Motor tersebut beri tambahan bok belakang sebagai tempat obat. Sebagai petugas medis disiagakan para  perawat laki – laki. Jadi mereka dengan adanya Ammora ini  leluasa berkunjung ke masyarakat yang ada di Pancoran Mas , “ujarnya.

Dijelaskan Ambar, program Ammora ini sasarannya yaitu masyarakat miskin yang rumanya masuk gang-gang dan terkena berbagai penyakit seperti HIV, Depresi, TB dan penyakit lainnya.

” Jadi ini gratis para perawat akan keliling dan melakukan cek kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan, “jelasnya.

Mekanisme kunjungan dari program Ammora  ada dua. Yang pertama para pasien menghubungi Call Center 119 dan yang ke dua menunggu jadwal kunjungan para perawat (Ammora) disaat jam kerja.

” Jadi para perawat stand bay 24 jam menunggu panggilan. Jadi kami bikin jadwal shif bagi perawat agar bisa melakukan pelayanan kepada masyarakat jika ada panggilan, “pungkasnya.

Ambar juga mengungkapkan bahwa program Ammora ini tidak hanya menerjunkan para perawat. Namun juga para dokter jika dibutuhkan.

” Ada juga dokter tapi tergantung kebutuhan. Kalau masyarakat butuhkan dokter kita berangkatkan dokter, “katanya.

Ditambahkan Ambar, program ini juga didasari dari kondisi masyarakat Pancoran Mas yang cukup padat. Sehingga akibat hal tersebut masalah kesehatan menjadi hal utama.

” Kan selama ini arus orang keluar masuk di Pancoran Mas cukup luar biasa. Tentunya ini menjadi masalah dalam kesehatan makanya dengan adanya program Ammora ini perawat bisa langsung jemput bola untuk mengatasi masalah kesehatan, “tuturnya.

Program Ammora di launching di Puskesmas Pancoran Mas, Kamis (24/10/2019) dengan dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita, Camat Pancoran Mas Utang Wardaya dan para undangan lainnya.

Dalam sambutannya Novarita memberikan apresiasi kepada Puskesmas Pancoran Mas yang telah berinovasi meluncurkan Ammora demi memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

“Semoga program ini manfaatnya bisa dirasakan oleh warga masyarakat dan bisa ditiru oleh Puskesmas lainnya di Kota Depok,” kata Novarita.

Hal senada dikatakan Camat Pancoran Mas yang mengucapkan terima kasih atas peluncuran Ammora.

“Saya merasa bersyukur dan berterima kasih atas program Ammora ini karena dengan program ini masyarakat di wilayah Kecamatan Pancoran Mas bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara lebih cepat,” kata Utang Wardaya.