DepokNews – Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono melakukan donor plasma konvalesen yang ke-2 di kediamannya pagi tadi (16/07/2021). Sebelumnya Imam melakukan donor plasma konvalesen yang pertama pada tanggal 22 Juni 2021 di markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok.

“Alhamdulillah setelah melakukan pemeriksaan, plasma konvalense masih ada sehingga dapat dilakukan donor yang ke-2. Apalagi permintaan donor plasma konvalense sangat banyak namun tidak semua orang bisa mendonorkan plasma konvalesen ini, maka saya tergerak melakukan pendonoran kembali,” ujar Imam ketika ditemui wartawan.

Dirinya mengungkapkan bahwa tidak semua orang dapat menjadi pendonor seperti perempuan yang sudah melahirkan, sedangkan banyak penyintas Covid-19 yang sudah memiliki anak selain itu tidak semua penyintas Covid-19 masih memiliki plasma ini ditambah dengan kecocokan golongan darah.

“Kebetulan golongan darah saya A+ dan memiliki permintaan yang tinggi, kemarin saya sempat mendonorkan plasma kepada seorang professor. Sekali dilakukan pendonoran maka dapat digunakan oleh satu hingga dua pasien dan plasma ini tahan sekitar dua tahun jika di taruh dalam suhu ruangan dibawah 0 derajat,” jelasnya.

Imam menjelaskan bahwa ini merupakan pendonoran plasma konvalesennya yang terakhir pasalnya maksimal memang hanya dua kali, syarat pendonor pun tidak boleh divaksin terlebih dahulu maka sampai hari ini dirinya belum melakukan vaksinasi Covid-19.

“Bagi warga Depok yang pernah terkena Covid-19 belum sampai 3 bulan dan saat ini sudah sembuh, mari bersama kita donorkan plasma konvalesen ini untuk pasien Covid-19 yang membutuhkan.”

Untuk pendonoran sendiri dapat dilakukan dengan mendatangi langsung PMI Kota Depok untuk dites kecocokan darahnya.