Perlunya Kontrol Internal di Bank Membuahkan Pelayanan Publik yang Baik Untuk Nasabah

Posted on

DepokNews- Maraknya kejahatan dalam dunia perbankan, khususnya di bank. Membuat mahasiswa Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma ini, melakukan penelitian untuk disertasi gelar Doktornya, dengan judul Pengaruh Pengendalian Internal dan Manajemen Resiko Terhadap Tata Kelola dan Implikasinya pada Profitabilitas Bank Publik di Indonesia.

“Money laundry, penyalahgunaan wewenang beberapa diantara masalah di bank. Hal tersebut karena kurangnya kontrol internal dan juga dalam hal mengidentifikasi resiko yang timbul,” jelas Sri Sapto Darmawati, usai Sidang Disertasi Terbuka Promosi Doktor Ilmu Ekonomi, di Kampus Gunadarma Depok, Jumat (27/1/2017).

Sri yang lulus dengan predikat cumloude ini mengatakan, untuk kontrol internal harus bersinergi ke sesama. Artinya pengendalian internal harus ada pengelolaan yang cukup besar. Karena tata kelola yang bagus akan berdampak pada kinerja. Dari kinerja akan menghasilkan pelayanan publik yang baik pula pada nasabah.

“Tentu saja kepercayaan ke publik akan besar, dan dapat menjalankan roda perusahaan sesuai dengan fungsi bank, yakni menghimpun dana dan mengelolanya,” jelas Sri.

Dalam pengendalian internal tersebut, perkembangam teknologi, juga harus diperhatikan. Sudah banyak produk bank yang dapat diaplikasikan secara mobile. Seperti e-banking yang memudahkan nasabah. Disitulah harus ada kontrol, jangan sampai ada penyalahgunaan untuk memanipulasi nasabahnya.

“Jangan sampai teknologi yang semakin maju, namun tidak diiringi kontrol internal yang baik,” pungkasnya.(mia)