Peringati WDC, DLHK Depok Ajak Masyarakat dan Pelaku Usaha Pilah Sampah

DepokNews–Peringati World Cleanup Day (WDC) yang jatuh setiap tanggal 19 September, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah. Termasuk pelaku usaha, perkantoran, restoran, dan hotel.

“Untuk memperingati WDC, kami ajak masyarakat, pelaku usaha dan seluruh lembaga untuk memilah sampah dari sumbernya. Kegiatan ini bisa dilakukan serentak besok,” ujar Kepala DLHK Kota Depok Ety Suryahati, di Balai Kota, Jumat (18/09/20).

Dikatakannya, ajakan tersebut juga sudah tertuang dalam Surat Edaran Wali Kota Depok Nomor 658.1/440-DLHK. Sebab, WCD merupakan gerakan global untuk mengajak individu, komunitas, dunia usaha dan pemerintah di seluruh dunia untuk menyatakan kepedulian dan perubahan perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah.

“Tahun ini, tema WDC di Indonesia adalah bersatu untuk Indonesia bersih yang relevan dengan kondisi pandemi Covid-19 yang dihadapi seluruh dunia,” terangnya.

Ety juga meminta, kepada seluruh jajaran pemerintahan termasuk wilayah agar melakukan sosialisasi dan kampanye kebijakan serta program pengelolaan sampah. Selain itu, melakukan gerakan kolaboratif masyarakat dengan dunia usaha dalam pengembangan ekonomi  sirkular Seperti rumah kompos/UPS, urban farming dan bank sampah.

“Mudah-mudahan upaya yang terus kita lakukan dan sosialisasikan secara masif ini, bisa membawa lingkungan jadi lebih baik,” pungkasnya.

sumber : https://berita.depok.go.id/pemerintahan/peringati-wdc-dlhk-ajak-masyarakat-dan-pelaku-usaha-pilah-sampah-3966