Peringati Maulid, Yayasan El Fatih Ottoman Bekerjasama Dengan BAZNAS Gelar Khitanan Masal

Posted on

Depoknews — Dalam rangka memperingati dan mensyiarkan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H – Yayasan El Fatih Ottoman bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional, BAZNAS  (dengan mitra PT. Nusantara Parkerizing dan PT. Jalin Mayantara) meyelenggarakan kegiatan sosial “Khitan Massal & Pelayanan Kesehatan Gratis” bagi warga kurang mampu di wilayah Keluarahan Pondok Jaya, Cipayung – Depok pada hari Ahad, 15 Januari 2017.

Antuasisme masyarakat begitu terlihat, terbukti walaupun kegiatan dijadwalkan baru dimulai pkl. 08.00, namun sejak pukul 05.30 sudah tampak pererta khitan yang hadir. Kegiatan ini ditandai pula dengan banyaknya warga yang terpaksa tidak dapat terdaftar. Terdapat lebih dari 20 orang warga yang gagal mendaftar dari jumlah kuota peserta khitan sejumlah 30 oang. Begitu pula halnya dengan Pelayanan Kesehatan Masyarakat berupa pemeriksaan Berat Badan, tensi, gula darah, asam urat dan kolesterol, terdapat puluhan warga yang berusaha mendaftar di lokasi di luar daftar peserta yang telah ada sejumlah 150 orang.

Tim yang bertugas merupakan tenaga-tenaga medis profesional dari Rumah Sehat Baznas berjumlah 20 orang. Sebanyak 3 tim diterjunkan untuk khitan massal sejumlah 9 orang, dan sisanya menangani pelayanan cek kesehatan.

Selain mendapatkan pelayanan kesehatan dari Baznas, tiap peserta juga menerima bingkisan berupa paket Khitan bagi peserta Khitan Massal dan paket Makanan Bergizi bagi peserta layanan cek kesehatan.

“Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan kami dalam memberikan sumbangsih nyata dalam bidang sosial kemasyarakatan kepada warga di Kelurahan Pondok Jaya khususnya, dan kota Depok pada umumnya” jelas Ahmad Gustaman, S.Kom selaku Ketua Yayasan El Fatih Ottoman.

Sementara itu Eko Nugroho,wakil ketua IV BAZNAS Kota Depok mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu program penyaluran ďana zakat untuk membantu umat yg kurang mampu.

“Zakat ini adalah bukti kekuatan umat, pilar rukun islam yang juga sebagai  instrumen ekonomi Islam yg didesain untuk mengatasi masalah internal umat sendiri,” kata Eko.

Eka berharap makin banyak umat Islam yang sadar zakat di kota depok, sebagai bukti  kota depok yang relijius. Selain program santunan (charity) zakat juga dialokasikan untuk program pemberdayaan ekonomi atau pengentasan kemiskinan dan juga program dakwah.

“Banyak warga berharap, ke depan kegiatan seperti ini bisa tetap diselenggarakan dan ditingkatkan baik dalam jumlah peserta maupun dalam jenis pelayanan kesehatan lainnya,” pungkas Eko.