DepokNews–Sekolah Ar-Ridha Al Salaam Cinere Kota Depok melaksanakan upacara Peringatan HUT RI ke 76, untuk kedua kalinya pelaksanaan upacara dilaksanakan secara virtual. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan penularan virus Covid-19 dan kedisiplinan akan protokol Covid-19.

Ketua Pelaksana HUT RI ke 76 SMP Ar-Ridha Al Salaam Saiful Iman mengatakan, upacara virtual ini dilaksanakan dengan menghadirkan petugas dan peserta upacara yang terdiri dari Guru-guru Ar-Ridha Al Salaam.

Saiful melanjutkan, sedangkan seluruh peserta didik di rumah masing-masing dan mengikuti secara khidmat melalui zoom.

Demi memeriahkan HUT RI tahun ini, Sekolah Ar-Ridha Al Salaam juga mengadakan acara perlombaan. Perlombaan yang diadakan adalah Membaca Puisi, Penulisan Esai Inggris dan Indonesia, Lomba Poster dan Lomba Pembacaan Teks Proklamasi.

“Semua perlombaan adalah perlombaan digital, sehingga peserta didik tidak perlu untuk datang langsung ke sekolah. Perlombaan tersebut dilakukan setelah upacara selesai. Dalam perlombaan, peserta didik bergabung melalui link yang telah disiapkan,” jelas Saiful.

Selain itu kata dia, telah menjadi komitmen sekolah untuk memberikan yang terbaik bagi peserta didik. Disaat pandemi sekalipun, Sekolah tetap mengusahakan agar peserta tetap dapat merayakan HUT RI ke 76 dari rumah.

“Dengan perlombaan ini, peserta didik dapat menyalurkan bakat, kreatifitas, dan juga jiwa seni mereka. Sehingga, pandemi tidak menjadi halangan untuk terus maju dan berkarya bagi peserta didik,” ujarnya.

Rahmad Rezki Kepala SMP Ar-Ridha Al Salaam selaku inspektur upacara menyampaikan beberapa pesan dalam amanatnya. Di antaranya mengajak seluruh peserta untuk merayakan HUT RI Ke 76 dengan penuh semangat kepahlawanan dengan cara meningkatkan ilmu pengetahuan di jenjang pendidikan sekolah, sebagai upaya memajukan Negara.

Selain itu, Rahmad Rezki juga memberikan semangat kepada seluruh peserta didik yang mungkin sudah merasa lelah dan bosan karena pandemi dan masih harus belajar dari rumah (BDR). Sekolah Online juga terus berjalan. Sekolah kami berinovasi, menjawab tuntutan jaman, menyesuaikan sistem pembelajaraan dengan situasi dan kondisi.

“Pembelajaran jarak jauh dilakukan dengan menggunakan Video-Conference Call, modul yang disiapkan oleh guru, dan tugas-tugas yang kuantitasnya diperhatikan agar tidak membuat siswa stress”, kata Rezki usai pelaksanaan upacara.

Menurut Rezki, guru-guru tidak hanya memperhatikan peningkatan akademik peserta didik, namun juga pertumbuhan karakter. Guru-guru tetap aktif memantau peserta didik meskipun lewat online. Selalu meminta orangtua untuk mengawasi dan melaporkan pada guru sikap peserta didik seharian selama berada di rumah. Kemudian dalam setiap pembelajaran, guru juga menilai dan membuat analisa terhadap kepribadian peserta didik agar tidak hanya kecerdasan akademiknya yang meningkat, tetapi juga kecerdasan emosionalnya.

“Dengan pembelajaran online yang terus dilaksanakan, Sekolah Ar-Ridha Al Salaam berharap dapat menghasilkan generasi yang berkarakter, cerdas, dan mampu bersaing seperti yang terdapat dalam moto Be Muslim, Be Creative, Be Green”, pungkasnya. (PJ)