Peringati Hari Peduli Sampah, Komunitas Bank Sampah Cilodong Adakan Aksi Pungut dan Pilah Sampah

Posted on 495 views

DepokNews — Komunitas Bank Sampah Kecamatan Cilodong Kota Depok  bersama dengan Bank Sampah Induk Rumah Harum melaksanakan aksi pungut sampah dan edukasi pemilahan sampah.

Kegiatan yang diadakan di sekitar Pasar Pucung Kelurahan Jatimulya kecamatan Cilodong Depok, Selasa (21/2/2018) dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional. Kegiatan ini berjalan lancar dan diikuti puluhan anggota Komunitas Bank Sampah Cilodong.

Ketua Bank Sampah Induk Rumah Harum, Hermansyah menjelaskan, kegiatan tersebut untuk menguggah kesadaran masyarakat pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan memilah sampah.

“Salah satu permasalahan perkotaan adalah banyaknya sampah dan terbatasnya lahan untuk membuang sampah, untuk mengatasi permasalahan ini salah satunya masyarakat harus punya kesadaran untuk memilah sampah sehingga sampah yang di buang ke tempat pembungan akhir (TPA) volumenya bisa jauh berkurang karena yang dibuang ke TPA residunya saja,” kata Hermansyah.

Menurut Hermansyah, hasil pemilahan sampah, untuk sampah organik bisa dijadikan kompos dan sampah non organik sebagian bisa didaur ulang yang semuanya punya nilai ekonomis.

“Ketika kita sikapi dengan bijak sebenarnya sampah ini justru membuka peluang ekonomi dan bukan sumber masalah,” pungkas Hermansyah.