Lurah Pondok Cina, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan warga saat bersilaturahmi dengan salah satu veteran.

Peringati Hari Pahlawan, Warga Pondok Cina Sambagi Veteran Kong Mugni

Posted on 116 views

DepokNews–Memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 Nopember 2011, masyarakat, komunitas kepemudaan, aparatur kepemudaan di Kelurahan Pondok Cina, Kecamtan Beji menyambangi veteran Kong Mugni.

Lurah Pondok Cina, Hendar Fradesa mengatakan silaturahim ini sebagai rasa Syukur Kepada Allah SWT, dan menghargai kepada para pejuang yang telah berjasa kepada bangsa dan negera. Asbabul peran para pejuanglah sekarang ini kita semua dapat menikmati kemerdekaan ini.

Bahwa, tujuan dilakukan kegiatan tersebut tidak lain adalah untuk memperingati sekaligus mengenang jasa para pahlawan.

“Ya intinya demi memperingati nilai-nilai kepahlawanan, selain itu juga agar tidak lupa dengan segala perjuangan para pahlawan,” katanya.

Sikap dan jiwa menghargai perjuangan veteran inilah yang kini mulai langka. Generasi muda mulai melupakan sejarah dan perjuangan saat merebut kemerdekaan kala itu.

“Makanya dengan kegiatan seperti ini,saya berharap bisa memberikan semangat positif ke generasi muda sekarang. minimal mereka ikut menghargai dan mencintai veteran yang bersusah payah berjuang di medan perang saat itu,” paparnya.

Dia menjelaskan, tanpa ada veteran kala itu, bangsa Indonesia belum merdeka seperti sekarang ini.

Tanpa ada semangat perjuangan veteran mempertahankan NKRI kala itu, bangsa ini pasti masih dijajah oleh negara lain.

“Oleh karena itu, kita harus menghargai dan membantu para veteran ini,” katanya.

Dari komunitas kepemudaan setempat Forum Anak Bumi, Sarmili menambahkan sebagai organisasi kepemudaan ,berinisiatif menggerakkan tangan membantu para veteran, dan hal ini sudah rutin dilakukan.

Dia menjelaskan, tanpa ada veteran kala itu, bangsa Indonesia belum merdeka seperti sekarang ini.

Di lokasi sama veteran Mugni mengatakan,di usianya yang mulai lansia bukanlah usia yang masih dibilang muda.

Ia mengatakan, di usianya yang semakin tua,diri nya berpesan kepada para generasi muda khususnya di kabupaten Indragiri hilir,jangan melupakan sejarah,jagalah  NKRI dengan melakukan kegiatan yang positif.

Dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada kepada Lurah, anggota Bhabibkatimbmas, Babinsa, pengurus RW, LPM, kepemudaan  yang telah memperhatikan dirinya yang datang kerumahnya.

Ketua LPM setempat Munir H Mukri
menyambut baik niat dan kepedulian warga, aparatue kepada para veteran yang sudah berusia lanjut ini.

“Peringatan Hari Pahlawan ini mari kita jadikan sebagai acuan bagaimana menilai perjuangan tanpa pamrih dan rela berkorban,”katanya.

Kegiatan uni adalah salah satu bentuk perhatian kepada veteran.

Ke depan kita ingin seorang pemimpin yang tidak melupakan jasa para veteran,”katanya.