DepokNews — Seksi Perempuan dan Ketahanan Keluarga (SPKK) DPC PKS Cimanggis Sabtu, 28 April 2018 menggelar Sarasehan berjudul Mewujudkankan Cimanggis Ramah Keluarga. Acara yang diselenggarakan di sebuah rumah makan di bilangan Tugu tersebut ramai dihadiri oleh tokoh perempuan dari 6 kelurahan di Cimanggis. Acara tresebut diselenggarakan dalam rangka memaknai Hari Kartini. Acara dibuka oleh Ketua DPC Cimanggis Heridianto dan  pembekalan Ketahanan keluarga oleh Ust. Abdullah Haidir Lc.

Ketua SPKK Cimanggis. ketua SPKK Cimanggis menjelaskan, salah satu tujuan sarasean tesebut untuk menteladani  subatantif dari nilai-nilai perjuangan RA Kartini.

” Kami mengangkat hal yang lebih subatantif dari nilai-nilai perjuangan RA Kartini. Sehingga masyarakat dapat mengenal lebih jauh perjuangan beliau dan tidak hanya dimaknai dengan kebaya dan konde” paparketua SPKK Cimanggis. ketua SPKK Cimanggis.

Anggota DPRD FPKS Dapil Cimanggis Sri Utami menjadi keynote speaker. Selain itu Ketua BPKK PKS, DPD Depok yang juga menjabat sebagai anggota DPRD Farida Rachmayanti sebagai salah satu narasumber.

Dalam paparannya Sri Utami menyampaikan selama ini perjuangan RA seringkali dikaitkan dengan emansipsi atau persamaan hak antara laki-laki dan perempuan.

“Perjuangan RA Kartini jika ditelusuri lebih jauh dari korespondensi yang tercatat dalam buku Habis Gelap Terbitlah Terang spirit emansipasi tetap mengedepankan peran perempuan dalan keluarga sebagai pendidik generasi dan masyarakat,” kata Sri Utami.

Sementara itu Farida Rachmayanti mengeksplorasi hal-hal terkait bagaimana upaya untuk merealisasikan ramah keluarga. Perlunya masyarakat berperan dan bergandeng tangan dengan pemerintah sebagai bagian dari  implenentasi Perda no 9 th 2016 tentang Peningkatan Ketahanan Keluarga.

“Diharapkan program-program tersebut dapat semakin mengokohkan keluarga, memfungsikan keluarga sebagai wahana tumbuh kembang yang ideal bagi anak, mengurangi angka perceraian pasutri di Depok yang saat ini masih cukup tinggi,” jelas  Farida Rachmayanti.

Acara tersebut juga dihadiri oleh bakal calon anggota legislatif Dapil Cimanggis diantaranya Nur azizah Tamhid yang rencananya akan mengisi bacaleg DPRD Propinsi Jawa Barat dan M azzam Sidqi artis film Ayat-ayat Cinta ini akan meramaikan kontestasi anggta legislatif di Dapil Cimanggis.

Secara umum peserta cukup antusias. Banyak pertanyaan dan usulan yang diajukan peserta diantaranya menyambut baik perlunya ditingkatkan program-program pemerintah yang terkait dengan wawasan dan pelatihan dalam hal ketahanan keluarga.