Dokter Inong saat menjelaskan materi ke peserta (Foto: Mia Nala Dini- DepokNews)

DepokNews- Dokter spesialis kulit dan kelamin Dewi Inong Irana mengatakan, pergaulan bebas di kalangan remaja sekarang ini kerap melalaikan masalah kesehatan, terutama hal-hal yang berkaitan dengan seksualitas. Sehingga, kerap dari pergaulan seks bebas kalangan remaja tidak menyadari ada berbagai penyakit yang bisa tertular, seperti HIV/AIDS. 

Inong, sapaannya, melanjutkan, perilaku seks bebas di kalangan anak muda kerap dilatarbelakangi gaya hidup atau iseng saja. Tidak hanya itu saja, dengan keberadaan kondom mereka kerap merasa aman untuk berhubungan seks dengan alat tersebut.

“Padahal meskipun dengan menggunakan kondom, kemungkinan untuk tertular HIV/AIDS atau Infeksi Menular Seksual (IMS) tetap ada,” kata Inong, dalam talkshow Ngobrol Pagi Bareng Remaja, “Lindungi dan Selamatkan Remaja dari Bahaya Perilaku Perzinahan dan Perilaku Seksual LGBT”, yang digagas Komisi Pemberdayaan Perempuan MUI Kota Depok, di Aula Kantor MUI Depok, Sabtu (28/9/2019).

Bahkan karena ingin merasa aman dan terhindar dari HIV/AIDS remaja yang melakukan seks bebas, mulai melakukan penyimpangan melakukannya dengan sesama jenis. Padahal, virus tersebut ataupun penyakit lainnya masih tetap bisa tertular dengan banyak cara, baik itu dari berhubungan seks melalui vagina ataupun lewat dubur.

“Ada juga beberapa yang memilih untuk berhubungan seks dengan sesama jenis, agar aman dari HIV/AIDS. Padahal tetap sama saja, bisa tertular. Sekarang ini penyebaran virus HIV/AIDS tidak hanya melalui jarum suntik narkoba, tetapi sekarang ini lebih didominasi dari berhubungan seks,” tandasnya.(mia)