Peran Media Sosial Jelang Pemilu 2019

DepokNews- Peran media sosial saat ini dirasa sangat efektif bagi elite politik maupun masyarakat, dalam penyampaian aspirasi. Apalagi menjelang Pemilihan Umum (Pemilu 2019), iklim agresif antara dua pendukung calon terus berlanjut mulai dari berbalas tagar hingga komentar-komentar positif maupun negatif.
Kekisruhan di jagat media sosial ini terus dipupuk secara sadar maupun tidak sadar oleh masing-masing pendukung. Bom waktu konflik horizontal yang bisa menghadirkan korban lainnya.
Menanggapi hal ini Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Depok Ferry Batara Manurung merasa prihatin dan mengajak semua pihak untuk saling menghargai perbedaan pendapat di media sosial. Sosial media dapat dijadikan sebagai sarana informasi baik politik maupun sosial, namun juga jangan mengindahkan sopan santun saat bermedia sosial.
“Semua pihak harus saling menghargai perbedaan pendapat di media sosial,” ujar Ferry.
Peristiwa ini adalah peringatan sesama individu, untuk saling menghargai perbedaan pendapat dan para tim sukses untuk menciptakan iklim sejuk dan demokratis terutama di media sosial.
Menurut Ferry media sosial sebagai media informasi yang relatif baru dan paling banyak di gunakan generasi milenial harus mampu menghadirkan kesejukan demokrasi. Anak milenial harus jadi agen perdamaian di dunia maya dan seyogyanya mampu mendorong kualitas demokrasi karena mampu menghadirkan suasana damai.

“Intinya kita bisa berbeda tapi damai. Karena itu yang terpenting,” tutup Ferry.(mia)