Foto: Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna bersama Karang Taruna

Peran KATAR, Wadah Pembinaan dan Pengembangan Pemuda Kota Depok

Posted on

DepokNews — Sebagai organisasi sosial kepemudaan Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan generasi muda, khususnya di Kota Depok. Itu dilakukan dalam upaya mengembangkan kegiatan Pelayanan Kesejahteraan Sosial dan usaha ekonomis produktif. Melaui pendayagunaan semua potensi yang tersedia dilingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada.

Di samping itu, Karang Taruna juga sebagai wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa / Kelurahan atau komunitas sosial sederajat, yang terutama bergerak dibidang kesejahteraan sosial. Inilah yang membuatn Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna mengapresiasi kiprah Karang Taruna (Katar) di masyarakat. Dikatakannya, banyak dan hampir setiap event di wilayah digerakkan oleh karang taruna.“Hal ini tentu harus dijaga dan kalau perlu terus ditingkatkan. Karena bagaimana pun karang taruna merupakan mitra pemerintah baik yang berada di tingkat kelurahan, kecamatan maupun tingkat kota,” ujar Pradi, Senin (25/9/2017).

Pernyataan tersebut dikatakan Pradi seusai menerima audiensi ketua dan pengurus Karang Taruna Kota Depok. Pradi juga berharap, ke depan karang taruna lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Ketua Karang Taruna Kota Depok, Amsori AR mengatakan bahwa audinesi tersebut dilakukan dalam upaya penguatan dan optimalisasi peran karang taruna sebagai kepanjangan tangan pemerintah.

“Terutama dalam peningkatan kesejahteraan sosial khususnya generasi muda, dari itu kami melakukan audiensi kepada Pak Wakil,” ungkapnya.

Dalam audiensi itu ada beberapa hal yang disampaikan di antaranya terkait dengan rencana kegiatan rapat kerja Karang Taruna Kota Depok tahun 2017, rencana kegiatan HUT Karang Taruna yang ke 57 tahun dan terkait peraturan daerah (Perda) Lembaga Kemitraan Kelurahan untuk segera dibahas oleh pemerintah dan DPRD Kota Depok.

“Karena Perda LKK ini sudah menjadi kebutuhan mendesak dalam rangka meningkatkan sinergitas antara lembaga di tingkat kelurahan dan pemerintah,” terangnya.

Dalam kesempatan itu Amsori juga menyampaikan terimakasih kepada wakil walikota yang telah menerima dan merespon masukan dari teman-teman karang taruna.

“Pak wakil luar biasa merespon, ia akan segera menindaklanjuti ke dinas terkait. Bahkan untuk kegiatan karang taruna di menyarankan agar pelaksanaan jalan santai yang bakal kami gelar di lakukan di balaikota,” pungkasnya