Oleh : Andi Maulana
(Kabid. Perkaderan PD.IPM Kota Depok)

Rantai penyebaran Virus Corona di kota depok harus segera dihentikan mengingat masih banyaknya kasus yang belum selesai dan masih membayang-bayangi kota depok sendiri. belum lama ini covid 19 masuk ke pusat perbelanjaan atau mall di kota depok dan yang terbaru, virus yang menyerang pernafasan ini menyerang dan membuat kluster baru di salah satu pondok pesantren daerah kecamatan beji, dikota depok. per tanggal 12 Agustus 2020, wabah covid 19 di kota depok sudah mencapai angka 1472 kasus terkonfirmasi, 1087 sembuh, dan 53 meninggal.

Tak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah kota depok, masyarakat juga harus berperan aktif dalam melawan dan menghentikan transmisi virus covid 19 atau virus corona ini. Cara yang harus kita lakukan yaitu dengan menerapkan protokol kesehatan di kehidupan sehari-hari seperti beribadah, berolahraga, dan bekerja. Yang paling utama dalam penerapan protokol kesehatan yaitu selalu melakukan physical distancing dengan orang lain, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, dan menggunakan masker.

Dengan penerapan protokol kesehatan yang baik di kehidupan sehari-hari, kita bisa mewujudkan target ganda yang positif di kota depok yaitu pertama memutus rantai penularan virus covid 19 itu sendiri dan yang kedua menjadi upaya bersama mengakhiri ketidakpastian yang ditimbulkan oleh wabah virus corona saat ini.

Protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 hendaknya dipahami sebagai upaya bersama mewujudkan kepastian baru. Sebab, dengan menerapkan protokol kesehatan sepanjang era pola hidup baru saat ini, kepatuhan mutlak itu menjadi landasan bagi terwujudnya kepastian baru. Sehingga tadanya jalan keluar yang dapat mengatasi pandemi covid 19 ini. Sebaliknya, bila ketidakpatuhan pada protokol kesehatan hanya akan mengakibatkan durasi ketidakpastian dan pandemi sekarang ini menjadi berkepajangan.

Maka dari itu, perlu kesadaran dari masyarakat akan penerapan protokol kesehatan, karena dengan kita menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, akan berdampak positif baik kesehatan diri sendiri, lingkungan, dan masyarakat sekitar. Dan juga tidak lupa pemerintah kota depok terus melakukan sosialisasi mengenai pentingnya penerapan protokol kesehatan di kehidupan sehari-hari baik melalui media sosial, media massa, dan himbauan agar angka penularan virus covid 19 ini semakin berkurang dan menghilang di kota depok.