Foto: ilustrasi 

Pentingnya MPASI, Begini Penjelasannya

Posted on 20 views
DepokNews — Kebutuhan gizi anak harus disesuaikan dengan usia agar tumbuh kembangnya berjalan dengan baik. Setelah mendapat ASI eksklusif selama 6 bulan, si Kecil memerlukan makanan pendamping ASI (MPASI) hingga ia berusia 2 tahun agar asupan nutrisinya terpenuhi.Di samping itu, MPASI juga penting untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan si Kecil dalam mempelajari rasa dan tekstur yang bervariasi. Hal ini juga akan membantu perkembangannya, terutama dalam hal mengunyah dan menelan.

Berdasarkan panduan MPASI dari WHO, semua jenis bahan makanan yang dapat dikenalkan sejak usia 6 bulan antara lain karbohidrat, sayuran, protein nabati dan hewani, dan buah. Begitu juga dengan lemak tambahan seperti minyak dan mentega.

MPASI yang diberikan pada si Kecil harus dapat memenuhi kebutuhan asupan nutrisinya dan mengandung beberapa komponen. Mulai dari energi, protein, serta mikronutrien –terutama zat besi, seng, vitamin, dan mineral yang tak dapat dipenuhi dari ASI.

Namun tak jarang kaum ibu memiliki kekhawatiran apabila MPASI yang diberikan tak memenuhi gizi yang dibutuhkan. Berikut beberapa makanan yang baik untuk memenuhi gizi si Kecil:

  • Wortel. Sayuran yang kaya akan vitamin A seperti ini penting untuk kesehatan kulit, mata, dan memperkuat kekebalan tubuh.
  • Kentang. Ini adalah salah satu jenis bahan makanan yang kaya akan serat, vitamin C dan vitamin B6. Vitamin C itu sendiri baik untuk menjaga kekebalan tubuh si Kecil.
  • Ubi jalar. Jenis ubi yang satu ini mengandung serat, vitamin A, beta karoten, kalsium, folat dan kalsium yang sangat dibutuhkan si Kecil.
  • Labu kuning dan madu. Keduanya mengandung serat, beta karoten, vitamin B1, vitamin C, kalsium, besi, dan natrium. Labu kuning dan madu baik untuk mencegah penyakit jantung dan sumber kalori yang rendah gula.
    Peran aktif orang tua sangat penting mengetahui jenis makanan yang tepat untuk diberikan sebagai MPASI. Selain itu jumlah, komposisi, dan waktu pemberian yang tepat juga perlu diperhatikan agar tumbuh kembangnya optimal.