Pentingnya Menjaga Kebersihan Gigi Pada Anak

DepokNews — Menjaga kebersihan gigi sangat penting diajarkan sejak dini. Meski belum mengonsumsi beragam makanan, namun cairan yang diminum bayi bisa meninggalkan sisa di mulut.

Menurut pakar kesehatan gigi, drg. Fajar,  rutinitas membersihkan gigi bisa diperkenalkan saat anak mulai tumbuh gigi sehingga anak terbiasa.

“Minimal anak dibiasakan wajib menyikat gigi demi kebersihan,” kata Fajar

Kebiasaan membersihkan gigi bahkan bisa diperkenalkan sejak bayi dengan cara membersihkan gusi dan mulutnya dengan kain kasa. Kebersihan gigi dan mulut yang terjaga dapat mengurangi rasa sakit saat bayi mulai tumbuh gigi.

Pengenalan ini untuk menumbuhkan kebiasaan anak dalam sikat gigi. Sebagai permulaan, setelah tumbuh gigi anak-anak bisa dikenalkan menyikat gigi dengan menggunakan peralatan khusus anak, seperti sikat dan pastanya.

Selain itu, air yang digunakan untuk kumur-kumur harus matang. “Takutnya nanti diminum. Kalau air matang dan pasta khusus anak aman bila keminum,” ujar alumni mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran ini.

Anak yang sudah dibiasakan membersihkan gigi sejak bayi biasanya tidak terlalu menolak jika diajak menyikat gigi. Apalagi, gigi susu mudah sekali rusak dan hitam, sehingga kebersihannya wajib dijaga.