May Haryanti (Istimewa)
DepokNews- Edukasi menjaga kesehatan reproduksi pada remaja penting dilakukan. Sebagai langkah antisipasi kenakalan pada remaja, seperti pergaulan bebas yang dapat berdampak pada kesehatan reproduksi yang selanjutnya dapat menyebabkan penyakit kelamin, HIV/AIDS.
Hal tersebut mendorong Pemkot Depok, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), melakukan roadshow ke sekolah jenjang SMA di Kota Depok.
Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Depok, May Haryanti menjelaskan, masih banyak remaja yang tidak paham dan mengetahui dampak dari kenakalan remaja karena akan merusak masa depannya.
“Karena itu penting diberikan edukasi seputar kesehatan reproduksi,” ujar May, beberapa waktu lalu.
Dalam memberikan edukasi, pihaknya melibatkan kader kesehatan di sekolah dalam menyampaikan pembinaan terkait kesehatan reproduksi remaja. Dengan begitu, diharapkan dapat ditindaklanjuti dan disampaikan kepada seluruh pelajar.

“Kami melibatkan kader kesehatan yang akan mengedukasi kepada siswa,” terangnya.

Edukasi yang diberikan meliputi apa saja bagian reproduksi yang harus dijaga setelah mereka mengalami perubahan, bagaimana menjaga kesehatan reproduksi. Kemudian, edukasi mengenai dampak panjang jika mengalami gangguan kesehatan pada reproduksi, serta mengetahui penyakit menular dan infeksi pada organ reproduksi. Remaja sudah banyak yang berani melangkah pada pergaulan bebas, mereka harus paham apa dampaknya untuk kesehatan dan masa depannya.

“Semoga dengan edukasi yang kami berikan dapat menjauhkan remaja dari hubungan seksual,” tandasnya.(mia)