Pentingnya Keterampilan Berbahasa Indonesia Di Mata Para Penutur Asing

Posted on 20 views

DepokNews — Bagaikan cahaya yang terus berpendar, dewasa ini bahasa Indonesia semakin menarik perhatian dan bernilai tinggi di dunia internasional. Tidak sedikit warga negara asing yang menganggap bahwa berbahasa Indonesia adalah salah satu keterampilan yang penting untuk dikuasai. Hal ini dapat terlihat dari semakin banyaknya pendatang dari luar nusantara yang mendaftarkan diri di lembaga-lembaga studi bahasa Indonesia.

Sebagai lembaga perintis pengajaran bahasa Indonesia untuk penutur asing, BIPA FIB UI selalu berupaya  untuk memberikan pelayanan pengajaran terbaik kepada para pesertanya dengan membangun suasana belajar yang kondusif, variatif, unik, dan berkesan. Salah satu upaya yang dilakukan oleh BIPA LBI FIB UI adalah mengadakan Hari Berbahasa Indonesia (HBI), sebuah acara tahunan yang bertujuan mendukung aspek kemahiran dan pengetahuan penutur asing dalam berbahasa Indonesia. HBI 2017  yang mengusung tema “Pendar Indonesia” diharapkan dapat menjadikan bahasa Indonesia semakin gemilang dan dikenal di dunia.

Sesuai tujuan tersebut, acara HBI 2017 “Pendar Indonesia” bersifat terbuka untuk umum sehingga para pembelajar bahasa Indonesia dari luar lembaga BIPA LBI FIB UI maupun masyarakat umum dapat turut meramaikannya. Kegiatan ini akan berlangsung pada tanggal 18 Oktober 2017 di Auditorium Gedung IX Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Indonesia (UI). Dekan FIB UI, Bapak Dr. Adrianus L. G. Waworuntu, M.A, akan membuka acara ini bersama Ibu Christine T. Bachrun, M.A selaku Direktur LBI dan Ibu Leli Dwirika selaku Manajer BIPA.

Para peserta kegiatan HBI 2017 dapat berpartisipasi dalam berbagai bentuk lomba sebagai ajang unjuk kemampuan berbahasa Indonesia. Sebagai tuan rumah peserta BIPA LBI FIB UI akan menampilkan lomba drama pendek dan lomba wastra. Dalam lompa drama pendek, para peserta akan mendramatisasikan situasi-situasi sederhana pada BIPA tingkat dasar. Dramatisasi tersebut dibuat sendiri oleh para peserta dari tiap-tiap kelas di BIPA 1 secara keseluruhan, mulai dari naskah, adegan, hingga properti dramatisasi. Peserta akan dinilai dari segi kebahasaan dan kreativitas dalam berdramatisasi. Sementara lomba wastra ditujukan untuk peserta BIPA 3. Peserta lomba akan melakukan presentasi dan peragaan wastra tradisional Indonesia. Dengan mengikuti lomba ini, peserta dapat mengasah keterampilan berpresentasi dalam bahasa Indonesia dan mengenal lebih dekat wastra tradisional sebagai warisan budaya Indonesia.

Selain kedua jenis lomba tersebut, ada beberapa lomba lainnya yang dapat diikuti oleh pembelajar bahasa Indonesia dari luar UI, yaitu kuis kata, lomba membacakan cerita rakyat, dan lomba menyanyi. Dalam kuis kata, peserta lomba akan diuji pengetahuan dan kemampuannya tentang kosakata dan tata bahasa Indonesia melalui kegiitan menyusun huruf, mencari padanan kata, hingga menyusun kalimat. Lomba yang terdiri atas putaran penyisihan dan final ini dapat diikuti oleh kelompok yang terdiri atas dua orang. Sementara itu, lomba membacakan cerita rakyat akan menilai kemampuan oral bahasa Indonesia para peserta dengan titik berat pada lafal, intonasi, dan ekspresi kalimat dari sebuah teks naratif yang tidak hanya terdiri atas kalimat naratif, tetapi juga mengandung kalimat-kalimat ujaran langsung. Lomba yang juga dilakukan secara berkelompok ini akan menguji apresesiasi peserta terhadap karakteristik tokoh-tokoh yang berbeda dengan cara berujar yang berbeda pula. Kompetisi lainnya yang tidak kalah menarik adalah lomba menyanyikan lagu berbahasa Indonesia. Melalui ajang pertunjukan seni vokal ini, peserta harus menguasai lafal bahasa Indonesia sekaligus teknik menyanyi dengan sebaik-baiknya.

Dengan mengikuti salah satu lomba dalam acara ini, para penutur asing yang sedang mempelajari bahasa Indonesia dapat mengukur kemampuannya dalam lingkup sosial. Selain itu, mereka juga memperoleh kesempatan untuk mengakrabkan diri dengan lingkungan bahasa dan budaya Indonesia. Dengan demikian, seluruh rangkaian kegiatan dalam HBI 2017 “Pendar Indonesia” diharapkan dapat menjadi media kuliah luar ruang yang membangkitkan cara pandang yang positif dalam berbahasa dan berbudaya Indonesia serta memberikan pengalaman yang berkesan bagi siapa pun yang mengikuti acara ini.

 

 

Narahubung:

  1. Bapak Ilham (081299042216)
  2. Ibu Rury (081905152780)
  3. Ibu Heidy (08125438692)

 

E-mail: hariberbahasaindonesia@gmail.com

Facebook: HBI BIPA

Twitter: @hbi_fibui