DepokNews–Sosok Muda Ketua Rt.008/11 Wahyudin yg diberi amanah juga sebagai Ketua RW Ramah Anak di Wilayah Taman Induk RW.11 Kel. Cipayung, Kec. Cipayung Depok. Sangat menyoroti dan prihatin terhadap dampak negatif penggunaan internet bagi anak.

“Kemajuan tekhnologi dan internet pada saat ini bagaikan dua mata pisau ada sisi positif dan ada sisi negatif. Suatu saat bila salah dalam penggunaannya akan menjadi senjata yg mematikan,” kata Wahyu  sapaan akrab Wahyudin.

Untuk itu, lanjut Wahyu, pentingnya pengawasan dan arahan dari orang tua terhadap anak akan kemajuan tekhnologi saat ini. Dalam hal ini perlu adanya pembatasan/kontrol penggunaan internet/ gadget bagi anak.

“Saat ini banyak diantara anak remaja hingga usia dini mengalami kecenderungan menjadi Anti Sosial, banyak juga penyalahgunaan aplikasi yang berdampak pada meningkatnya tindak kekerasan bahkan tindakan asusila yang dipertontonkan yang belum waktunya & tidak pantas untuk dilihat,” tambah Wahyu.

Menurut Wahyu, dari sisi kesehatan bahaya penggunaan gadget/ internet yg tidak kenal waktu atau intens berdampak pada kesehatan mata, psykologis bahkan merusak moral, sehingga banyak anak yang asik dengan dunianya sendiri bahkan tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya hal ini yang sangat memprihatinkan.

Dia berharap, Perlu adanya sosialisasi serta edukasi ke sekolah dari tingkat SD hingga SMA dalam penggunaan internet haruslah sehat & bermanfaat. Untuk dilingkungan  atau  dirumah peran orang tua dan masyarakat sangatlah penting untuk memberi arahan serta pengawasan.

“Siisi positifnya dalam penggunaan internet, sebagai contoh orang bisa menjadi kaya mendadak dan banyak ilmu pengetahuan yg bisa digali atau manfaat lainnya. Sisi negatif, banyak anak melakukan tindak kejahatan/ kekerasan, pelecehan sexual & prilaku menyimpang,” tutur Wahyudin

Hal ini yang menjadi tantangan bagi dirinya, serta menjadi motivasi agar lingkungannya bisa menciptakan Anak-anak yang selalu berpikir & bertindak positif dalam segala hal.

“Kami berharap keinginan untuk mewujudkan RUMAH JARI (Rumah Belajar dan Kreasi) di wilayah Taman induk Rw.11 Kel. Cipayung Depok dapat terwujud, sebagai menjawab tantangan akan kenakalan anak-anak dan remaja, dan juga agar terciptanya potensi-potensi muda yg cerdas, kreatif serta berprestasi di wilayahnya,” pungkas  wahyu.