Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, May Haryanti. (Foto: Istimewa)

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mengajak masyarakat luas untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) agar imunitas tetap terjaga. Pasalnya, dengan lingkungan yang bersih dan tubuh yang sehat dapat mencegah virus masuk ke dalam tubuh. 

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Depok, May Haryanti mengatakan, penerapan PHBS harus dimulai dari lingkungan tempat tinggal. Tentunya dengan menjaga perilaku hidup bersih dan menerapkan 3M. Yaitu mencuci tangan menggunakan sabun, menggunakan masker secara benar, dan menjaga jarak.

“Menerapkan PHBS dan impelementasi 3M harus dimulai dari lingkungan tempat tinggal agar masyarakat dapat terbiasa,” tuturnya kepada  berita.depok.go.id, Selasa (06/10/20). 

Dikatakan May, masyarakat juga harus mengkonsumsi makanan dengan menu gizi seimbang. Tentunya lengkap dengan kandungan sumber karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayur, dan buah. 

Kemudian, tambah May, penerapan PHBS dapat diimbagi dengan melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga. Selain itu juga melakukan istirahat yang cukup. 

“Juga diingatkan kepada masyarakat untuk menghindari bersentuhan tangan dengan orang lain dan menghindari menyentuh bagian hidung, mata, dan mulut,” tambahnya. 

Terakhir, masyarakat diimbau untuk menggunakan alat makan dari rumah jika membeli makanan dari pedagang keliling

sumber ; https://berita.depok.go.id/pemerintahan/pentingnya-implementasi-phbs-untuk-mencegah-covid-19-4218