Doa adalah memohon atau meminta pertolongan kepada allah SWT. Akan tetapi, bukan hanya orang- orang yang ditimpa musibah saja yang layak memanjatkan doa .Dalam keadaan segar bugar dan tidak berkurang suatu apapun sebagai manusia kiranya kita layak berdoa .Setidaknya berdoa memohon agar allah mengampuni segala dosa baik yang di sengaja atau pun yang tidak di sengaja . Kita harus selalu di beri kekuatan iman dan kesehatan agar dapat melaksanakan perintahnya. Selain itu, kita juga memohon perlindungan dari gangguan setan dan hawa nafsu kita,supaya tidak terjebak kedalam jurang kemaksiatan .

Dalam berdoa, jangan memohon sesuatu yang menurut kita baik padahal sesungguhnya buruk untuk kita. Contohnya, karena kita sudah lama menderita sakit parah karena merasa selalu tersiksa maka ia memohon kematian, bukannya kita meminta kesembuhan. Nabi juga melarang kita untuk memohon mati .Abu khuraira mengutarakan ,nabi muhamad saw bersabda “sekali kali kalian janganlah meminta mati jangan pula mendoakannya sebelum mati itu datang sendiri ,sebab jika kita telah mati maka berhentilah kalian beramal .Sesungguhnya bertambah panjang umur seorang mukmin maka bertambah pula kebaikan yang di perbuatnya .”(HR.Muslim).
Allah juga berjanji akan mengabulkan doa para hambanya. Sebagaimana dalam firmannya:”Berdoalah kepadaku ,niscaya aku akan perkenankan bagimu “.(QS.Al-mukmin :60).Dengan demikian setiap doa pasti di kabulkan olehnya ,bahkan ada tiga orang yang mendapatkan prioritas doanya segera di kabulkan yaitu:
• Orang yang sedang berpuasa sampai waktu menjelang berbuka
• Kepala negara yang adil ,dan
• Orang yang teraniaya

FUNGSI DOA
• Mematuhi perintah allah swt
• Doa merupakan cermin menghambakan diri kepada alla
• Pengakuan bahwa allah swt yang berkuasa dan maha berkehendak ,sehingga hanya dia yang dapat mengabukal dan mewujudkan keinginan kita
KEUTAMAAN DAN WAKTU UTAMA UNTUK BERDOA
Keutamaan

  1. Allah swt menyertai hambanya yang berdoa
  2. Doa adalah senjata bagi orang mukmin
  3. Doa akan mendatangkan keselamatan bagi kita
  4. Doa bisa menolak bencana dan tipu daya musuh
    Waktu utama berdoa
    Firman allah dalam al quran surat ghafir :60 yang artinya:
    ‘’Berdoalah kepadaku,aku akan kabulkan doa kalian.sungguh orang-orang yang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepada-ku, akan di masukan ke dalam neraka jahanam dalam keadaan hina”.
  5. Saat adzan berkumandang
  6. Doa di antara adzan dan iqomah
  7. Sebelum salam pada saat shalat wajib
  8. Saat berbuka puasa
  9. Saat turun hujan
  10. Pada malam lailatul qodar
  11. Saat hari jum’at
  12. Pada hari arafah
  13. Saat minum air zam zam
  14. Pasa serertiga malam

Tempat utama berdoa
• Di depan dan di dalam ka’bah
• Di masjid nabi muhamad (masjid nabawi)
• Di belakang maqom nabi Ibrahim
• Di atas bukit shafa dan marwah
• DI arafah,mudzalifah,mina,dan di sisi jamarot yang lainya.

Di tulis oleh Siti Fatimah,mahasiswa STEI SEBI.

https://web.facebook.com/Grosir-Kaca-Mata-1734066946827730/