Pensiun dari Perdukunan, Ki Joko Bodo Beralih Profesi Jadi Tour Leader

Posted on

Depoknews.id, Depok– Anda pasti masih mengenal sosok Ki Joko Bodo. Salah satu paranormal yang cukup terkenal di Indonesia ini, kini sudah taubat. Bahkan sekarang ia memiliki profesi baru dan cukup jauh dari dunia paranormal. Profesi terbarunya ternyata berasal dari hobinya juga lho, yakni sebagai tour leader wisata roahani.

Pria bernama asli Agus Yulianto ini sudah tidak memiliki tampang serram lagi lho semenjak meninggalkan dunia perdukunan. Kini Ki Joko Bodo juga terlihat lebih ganteng, meskipun usianya segera memasuki 53 tahun.

“Masih seperti dulu saja. Hanya ada macam-macam kegiatan, karena hobi aja. Aku ini tour leader. Jadi aku diminta oleh sebuah agent travel, kerja untuk makan sebenarnya,” ungkap Ki Joko Bodo saat ditemui di Jakarta, Kamis (12/1).

Dengan profesi terbarunya tersebut, Ki Joko Bodo mengaharuskan dirinya untuk berjalan-jalan ke berbagai belahan dunia. Mulai dari India, kawasan Timur Tengah, Roma, dan wilayah lainnya yang memiliki nilai sejarah rohani yang cukup kuat.

“Kalau Islam aku misalnya jadi tour leader ke Mekkah, kalau Hindu ke India. Negara-negara spirit agama seperti Hindu, Budha, Kristen, Katolik, Islam,” kata Ki Joko Bodo seperti dikutip dari Antaranews.com.

Meskipun begitu, saat ditanya ia bekerja di agen travel apa, ia tidak mau mengungkapkannya. Meskipun begitu, bekerja di bidang travel merupakan impian Ki Joko Bodo sejak dahulu.

“Aku tertutup, enggak akan mengatakan nama agent travelnya apa. Kalau ternyata kerjanya begini sebenarnya mau aku,” tuturnya. Meskipun begitu, Ki Joko Bood mengaku masih menjalankan beberapa ritual khusus.

“Memang baru ketahuan Islam. Tetapi narasi dari media itu tobat. Padahal kalau tobat kan dari dulu,” pungkas Ki Joko Bodo.

Ki Joko Bodo memang sudah meninggalkan dunia perdukunan sekitar tiga tahun lalu, tepatnya di tahun 2014 silam. Dahulu ia memiliki wajah yang cukup sangar dengan rambut panjang dengan pakaian khas berwarna hitam. Bahkan ketika melihatnya saja kita sudah ngeri.

Tetapi hal itu sudah tidak berlaku sekarang. Saat taubat Ki Joko Bodo langsung memotong rambutnya menjadi lebih pendek. Bahkan penampilan pada bulan Ramadhan 2016 sudah adem lho, dan auranya sudah tidak lagi serem seperti lalu.