Pengurus Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji

DepokNews–Forum Komunikasi Kelompok Kelompok Bimbingab Haji Kota Depok siap bersinergi dengan Kementrian Agama perihal penanganan haji di Kota Depok.

Wakil Ketua Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Periode 2018-2022 Habib Idrus Al Gadri kepada wartawan mengatakan pengurus FKKBIH Kota Depok siap membantu Kemenag dalam upaya melaksanakan bimbingan Ibadah Haji.

“Kami pengurus FKKBIH periode 2018-2022 siap bersinergi dengan Kemenag dalam upaya mensukseskan pelayanan pelaksanaan ibadah haji tahun 2018 ini”katanya.

Dia menambahkan pengurus FKKBIH ini merupakan para pimpinan KBIH Kota Depok yang sudah resmi, dan mendapatkan akreditasi, kredibilitas dari Kemenag Jawa Barat dan Kota Depok sehingga dipercaya dalam menyelenggarakan pelaksanaan ibadah haji setiap tahunnya.

FKKBIH yang berkantor di gedung MUI Kota Depok juga bisa menerima keluhan atau pengaduan dari masyarakat umum terkait pelaksanaan ibadah haji yang dinilainya tidak maksimal.

“Kami FKKBIH siap menerima aduan dari warga para calon jamaah haji, apakah dia kena tipu atau kegiatan yang sifatnya negatif atau positif”katanya.

Dia mengimbau masyarakat untuk tak mudah tergiur paket perjalanan haji murah.

Hal itu terkait maraknya penipuan biro perjalanan haji. Selain adanya kemungkinan mendapatkan pelayanan yang kurang baik, paket perjalanan haji murah juga bisa berujung dengan kasus penipuan.

Seperti yang terjadi pada penipuan biro perjalanan umrah First Travel.

Menurut dia harga murah sebagai imbas persaingan antar biro perjalanan haji bisa membuat pelayanan yang diberikan tak maksimal.

Kementerian Agama saat ini tengah menyusun standar layanan minimal perjalanan umrah. Nantinya akan ditetapkan biaya batas minimal yang harus dipatuhi oleh setiap biro perjalanan.

“Kami juga mengimbau kepada calon jamaah mandiri untuk bergabung ke KBIH yang tergabung di Forum KBIH
karena mereka perlu bimbingan karena pelaksanaan haji bukan pelaksanaan teori akan tetapi praktek di lapangan sehingga bisa melaksanakan ibadah haji di tanah suci dengan baik dan benar”katanyam

Sementara itu  Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kota Depok Asnawi menyambut adanya FKKBIH yang bisa bekerjasama dengan pihaknya dalam melaksanakan pelayanan ibadah haji.

“Kami dukung kegiatan FKKBIH diharapkan mereka bisa bersinergi kita di kegiatan pelaksanaan ibadah haji 2018 ini”katanya.

Dia menambahkan untuk tahun 2018 ini ada sekitar 1708 calon jamaah haji yang akan menunaikan ibadah haji kota Depok ke tanah suci.

Dimana saat ini proses administrasi, pemeriksaan kesehatan bagi calon jamaah haji sedang dilaksanakan dan diharapkan pelaksanaan ibadah haji tahun 2018 berjalan lancar.