Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam Resmi Dilantik 

Posted on 907 views

DepokNews — Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB-HMI) periode 2018-2020 resmi dilanti di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Sabtu (6/3). Pengurus PB HMI dikukuhkan langsung oleh Ketua Umum Terpilih Zuhad Aji Firmantoro.

Dalam sambutannya, Zuhad Aji mengajak kepada seluruh kader HMI untuk ikut berperan aktif mewujudkan tatanan masyarakat yang ideal dan berkeadilan, baik segi ekonomi, hukum, politik maupun, lingkungan.

“Sebab akses kepada keadilan adalah hak setiap makhluk di muka bumi. Kami berharap kepengurusan ini dapat memanifestasikan nilai-nilai perjuangan yang telah dirumuskan serta mampu menerjemahkan konsep gerakan intelektual kolektif dengan lebih efektif agar dapat membantu terwujudnya masyarakat yang berkeadilan dan berkelanjutan,” harap Zuhad Aji.

Hal itu sesuai dengan tema besar yang diusungnya yakni ‘Gerakan Intelektual Kolektf Mewujudkan Indonesia berkeadilan’.

Pria yang akrab disapa Aji itu menjelaskan, dalam rangka mempromosikan gerakan pembebasan, Pengurus Besar HMI mengadopsi konsep intelektual kolektif sebagai basis gerakan dalam kepengurusan. Sebab, manakala di tengah pergerakan zaman yang semakin dinamis, langkah pembebasan memerlukan gerakan yang lebih substansial tanpa terpaku pada struktur-struktur yang berpotensi menghambat.

Terlebih lagi, kata dia, bila struktur-struktur tersebut tidak mampu memenuhi tuntutan gerakan pembebasan yang luwes dan praksis.

Gerakan kolektif yang dimaksud adalah sebuah gerakan dalam menyelesaikan masalah tidak bisa hanya menggunakan satu sisi saja.

“Gerakan intelektual kolektif adalah gerakan yang lintas-budaya, bangsa, negara dan lintas-disipliner. Gerakan ini memiliki jaringan informal, tidak terkonsentrasi di satu pusat, dan memiliki struktur yang bebas dan cair namun tetap berpedoman pada prinsip pemikiran pembebasan,” lanjutnya.