Penguatan Pelayanan Kesehatan, Menuju Smart Healthy City

Posted on 7 views

DepokNews —  Dinas Kesehatan Kota Depok menyelenggarakan Forum Renja dengan mengusung tema “Penguatan Pelayanan Kesehatan, Menuju Smart Healhty City”  yang berlangsung di Hotel Bumi Wiyata, Kamis pagi (02/03/2017). Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Depok, Ernawati, dalam laporannya mengatakan bahwa Forum Renja Dinas Kesehatan ini merupakan forum antar pemangku kepentingan yang bertujuan menyelaraskan, mempertajam dan menyepakati kualitas produk perencanaan kegiatan Dinas Kesehatan Kota Depok Tahun 2018.

“Forum Renja ini mengangkat tema Penguatan Pelayanan Kesehatan Menuju Smart Healhty City, karena sesuai RPJMD Kota Depok 2016-2021, dimana salah satu program unggulan Kota Depok ialah Smart Healthy City yang nerupakan tujuan dari visi Kota Depok yaitu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” jelas Ernawati. Dirinya berharap agar seluruh peserta dapat berpartisipasi aktif pada Forum Renja Dinkes Kota Depok agar dapat terjaring aspirasi dari masyarakat sehingga menyempurnakan rancangan kebijakan penyusunan Renja Dinkes Kota Depok Tahun 2018. Forum Renja Dinkes Kota Depok dihadiri Ketua Komisi D DPRD Kota Depok, Ditjen Yankes Kementerian Kesehatan RI, Camat, Kepala Puskesmas, Direktur Rumah Sakit, Ketua Organisasi Profesi dan OPD-se Kota Depok.

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna yang hadir dalam acara tersebut sekaligus membuka acara secara resmi, berharap melalui forum ini dapat merumuskan peranan yang memastikan cakupan kepesertaan yang menyeluruh dan fasilitas tenaga kesehatan yang memadai untuk seluruh warga Kota Depok, dalam rangka mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat. “Salah satu program unggulan Kota Depok, yakni Smart Healthy City selaras dengan prioritas pembangunan daerah Kota Depok, yaitu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Program yang tidak hanya memperhatikan kualitas aspek pelayanan kesehatan namun juga berorientasi pada peningkatan jaminan kesehatan universal,” ujar Pradi.

Lebih lanjut Wakil Walikota menyampaikan bahwa masalah kesehatan harus ditangani secara serius, terpadu dan komprensif, karena status kesehatan mempengaruhi kehidupan masyarakat yang akan terkorelasi langsung dengan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). “Untuk itu, Dinas Kesehatan Kota Depok harus dapat bekerja dengan maksimal untuk mewujudkan program yang telah kita canangkan,” tambahnya. Ayah dari empat orang putri ini, juga berharap pada OPD terkait dan stakeholder dapat bersinergi dan menjalin komunikasi untuk dapat melaksanakan serta merealisasikan program yang telah dicanangkan demi mewujudkan Kota Depok yang Unggul, Nyaman dan Religius. Forum Renja Dinkes Kota Depok menghadirkan empat orang narasumber yakni Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Ditjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI serta narasumber dari Baplitbangda dan Diskominfo Kota Depok.