Direktur Operasional PDAM Tirta Asasta Kota Depok Supendi (kanan), saat melihat pengerjaan penampungan air PDAM. (Foto:Janet/Diskominfo)

Pengembangan Jaringan Pipa, PDAM Tirta Asasta Depok Aliri Bojongsari di 2018

Posted on 815 views

DepokNews — PDAM Tirta Asasta Kota Depok akan melakukan pengembangan jaringan perpipaan di 2018. Salah satunya adalah pembangunan Jaringan Distribusi Utama (JDU) di wilayah Bojongsari, Kota Depok.

Manager Pembangunan PDAM Tirta Asasta Kota Depok, Sudirman mengatakan, selama 2017 PDAM Tirta Asasta telah melakukan pembangunan sarana dan prasarana air bersih dan semua pengerjaannya sudah selesai. Untuk itu, saat awal tahun 2018 pihaknya berencana membangun JDU di wilayah Bojongsari di sepanjang Jalan Raya Bojongsari, Jalan Raya Tanah Baru dan Jalan Raya Margonda.

“Contohnya seperti pemasangan pipa di Jalan Raya Bogor – Cilangkap yang dilanjutkan ke perumahan di sekitar seperti Griya Telaga Permai, Pesona Laguna 1 dan 2, Permata Cimanggis dan Persada. Begitu juga di Jalan Asmawi Beji, pembangunan JDU di Grand Depok City yang melayani cluster-cluster seperti Azalea, Alamanda, Jasmine, Lantana, Crysant. Sekaligus Pembangunan JDU di Jalan Raya Citayam yang meliputi Perumahan Permata Depok, Permata Depok Regency, Jambu Tree, Nuansa 99 dan Mutiara Asri,” jelasnya kepada depok.go.id, Kamis (28/12/2017).

Dikatakannya, JDU yang dibangun di Bojongsari akan diambil dari instalasi pengolahan yang ada di Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari. Di mana, kapasitas air cukup besar yaitu 100 liter/detik. Jaringan pipa tersebut nantinya akan melayani pelanggan di wilayah barat.

“Untuk pengembangan yang eksisting saat ini baru sampai di Jalan Plered Pengasinan. Kemudian  jaringan diteruskan ke Pertigaan Pengasinan hingga Perumahan Sawangan Vilage. Sedangkan Perumahan Vila Rizki Ilhami kami layani lewat belakang bukan lewat depan, karena JDU yang dimiliki di Jalan Pengasinan,” terangnya.

Menurut Sudirman, pada dasarnya setiap pengembangan sarana dan prasarana telah dibuatkan perencanaannya. Untuk itu, pihaknya akan terus memperluas jaringan termasuk membangun jaringan baru untuk memenuhi permintaan pelanggan di perumahan-perumahan yang belum terlayani air PDAM.

“Di tahun 2017, sudah hampir rampung semua sesuai dengan target yang telah dibuat. Begitu pula pekerjaan di 2018 akan ditargetkan berjalan dengan baik,” katanya.

Dirinya menambahkan, selain pembangunan JDU di wilayah Bojongsari, pihaknya juga akan melakukan pekerjaan penggantian pipa yang sudah tua di sepanjang Jalan Raya Bogor. Hal tersebut supaya PDAM Tirta Asasta dapat meminimalisir risiko kehilangan air akibat pipa tua.

“Pipa tua berumur 30 tahun lebih dan pipa tersebut harus segera diganti untuk kualitas air yang lebih baik lagi,” tutupnya.