DepokNews–Tepat sepekan setelah Tim Penilai Sekolah Sehat Provinsi Jawa Barat yang dipimpin langsung oleh Bapak Hasanudin melakukan Visitasi ke SDIT Miftahul Ulum yang dinobatkan Juara I Sekolah Sehat tingkat SD Se-Kota Depok, maka hari Selasa, 12 November 2019 sebanyak 22 Pengawas Pangan Cilik melakukan visitasi di SDIT Miftahul Ulum ditemani guru pendamping dan jajaran Dinas Kesehatan Depok.

Sebanyak 22 peserta Pengawas Pangan Cilik dari 11 sekolah SD terbaik di kecamatan masing-masing ditunjuk oleh Dinas Kesehatan untuk melakukan study banding sekaligus visitasi di SDIT Miftahul Ulum.

Rombongan sampai di SDIT MU sekitar pukul 09.00 WIB menggunakan mobil dari Dinas Kesehatan yang diparkir di lapangan parkir utama. Selanjutnya peserta berjalan kaki sekitar 200 meter menuju gerbang utama SDIT MU. Sepanjang jalan menuju gerbang para peserta menyaksikan kreativitas tembok penuh gambar edukasi dan tanaman yang tertata rapi. Saat memasuki gerbang, mereka disambut oleh marawis, petugas the 7 habits of MU, dokter kecil, polisi bersih, marching band, dan segenap manajemen SDIT MU.

Selanjutnya para peserta mengikuti acara pembukaan di aula pertemuan di lantai 3. Acara pembukaan dibawakan oleh Athira dan Almeera kelas 5 yang mengenakan busana dari kreativitas barang bekas yaitu baju pesta yang didisain layaknya busana fashion show.

Setelah dibuka dengan lantunan tahfidz surat Annaba oleh siswa kelas 1, maka dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars SDIT MU, dan lagu Mars UKS oleh tim paduan suara.

Kepala sekolah SDIT MU, Dedy Susanto,S.T.,M.Pd. dalam sambutannya menampilkan video profile SDIT MU dan menyampaikan terima kasih atas kunjungan dari Dinas Kesehatan, para siswa, dan guru pendamping. Selanjutnya Ibu Monalisa mewakili Dinas Kesehatan Kota Depok mengapresiasi SDIT MU atas sambutan yang begitu hangat & meriah, pelayanan prima, dan totalitas dalam mendampingi peserta.

Peserta Pengawas Pangan Cilik dibagi menjadi 2 kelompok dengan 2 guru pendamping dari SDIT MU saat melaksanakan visitasi. Kelompok 1 dengan pendamping Ibu Rina Arisanti memulai rute visitasi dari UKS – Green House – Perpustakaan – Kantin- dan Bank Sampah.

Sementara itu kelompok 2 dengan pendamping Ibu Niha ke Bank Sampah.- Kantin – Perpustakaan – Green House – dan UKS.

Ada petugas khusus di setiap tempat yang akan divisitasi oleh peserta. Petugas tersebut terdiri dari guru dan beberapa siswa duta. Mereka antusias dalam melayani dan menjelaskan secara detail tentang tempat-tempat tersebut serta fasilitas yang ada di SDIT MU.

Di UKS dijelaskan tentang cara penanganan siswa sakit, pemeriksaan kesehatan rutin oleh dokter sekolah, kegiatan di UKS, dan tata cara pola hidup sehat. Di green house para peserta memanen sayuran, melihat jenis-jenis tanaman obat, hydroponic, dan pengelolaan kompos, serta pembibitan.

Saat di Perpustakaan diperlihatkan cara peminjaman buku secara online, cara mencari judul buku, membaca berbagai jenis buku, kegiatan literasi, dan segudang program Perpustakaan. Tempat yang paling ditunggu-tunggu adalah kantin. Hampir semua peserta mencoba jajanan favorit mereka yaitu Bakso Bang Aziz dan beberapa menu favorit lain. Semua pedagang mengenakan celemek dan sarung tangan saat melayani pembeli.

Kunjungan terakhir adalah Bank Sampah. Peserta melihat pemilahan sampah, penimbangan sampah kering, pencatatan hasil timbangan, buku tabungan bank sampah, dan kreativitas barang bekas berkualitas.

Sebelum meninggalkan SDIT MU, para peserta menyampaikan testimoni dan pesan kesan. Semua peserta sepakat bahwa SDIT MU sangat bersih, ada toilet cantik khusus putri, lengkap fasilitasnya, siswa dan gurunya baik dan sopan, sarana belajarnya banyak seperti kolam ikan, kandang burung berukuran besar, dan aneka tanaman hias.
Mereka berharap suatu hari nanti mendapatkan kesempatan kunjungan kembali ke SDIT MU.