“Pengenalan dan Pencegahan Komplikasi Lanjut Hipertensi dan Diabetes Melitus”

DepokNews–Hipertensi dan diabetes mellitus merupakan penyakit tidak menular dengan angka kejadian yang cukup tinggi terjadi di kalangan masyarakat. Tingginya angka kejadian penyakit tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor baik itu dari gaya hidup terkait pola makan dan aktivitas ataupun kondisi psikologis seseorang. Pengenalan dan pencegahan komplikasi lanjut dari hipertensi dan diabetes mellitus sangatlah penting. Melihat urgensi pentingnya pencegahan komplikasi tersebut, Fakultas Ilmu Keperawatan Departemen Keperawatan Medikal Bedah melalui kegiatan pengabdian masyarakat sebagai bagian dari tridarma universitas melakukan pertemuan dan seminar terkait pengenalan dan pencegahan hipertensi dan diabetes mellitus pada masyarakat yang terindentifikasi hipertensi dan diabetes mellitus di daerah Kelurahan Depok Jaya. Masyarakat yang terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah anggota perkumpulan Persadia daerah Kelurahan Depok Jaya

Kegiatan pengabdian masyarakat Departemen Keperawatan Medikal Bedah FIK UI dilaksanakan oleh Tim Dosen Keperawatan Medikal Bedah yang juga melibatkan mahasiswa keperawatan Sarjana dan magister Spesialis. Kegiatan pengmas ini dilaksanakan dalam dua kali pertemuan dimana pada pertemuan pertama hari sabtu pada tanggal 27 oktober 2018, tim dosen departemen keperawatan medikal bedah FIK UI melakukan pengkajian terkait pemeriksaan tekanan darah, nadi dan cek gula darah sewaktu serta kolesterol. Pelaksanaan pemeriksaan fisik tersebut dilanjutkan dengan konseling terkait Pencegahan DM sejak dini, pengenalan tanda awal komplikasi Diabetes Melitus, dan Pencegahan komplikasi hipertensi. Pertemuan kedua yang dilaksanakan satu minggu setelahnya pada hari sabtu tanggal 3 november 2018, dimana pada pertemuan kedua ini diawali dengan pemeriksaan fisik dan dilanjutkan dengan seminar terkait pengenalan dan pencegahan komplikasi hipertensi yang disampaikan oleh Ibu Tuti Herawati, S.Kp.,MN dan materi pengenalan dan pencegahan komplikasi DM; perawatan Kaki DM yang disampaikan oleh Ibu Dr. Debie Dahlia, S.Kp., MHSM.

Antusiasme masyarakat dalam melakukan kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam pentingnya menjaga kesehatan diri guna mengenali dan mencegah komplikasi lanjut dari hipertensi dan diabetes mellitus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here