DepokNews- Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Disdik Kota Depok, Tatik Wijayati mengatakan, pengembangan PAUD Holistik Integratif (HI), bukan sekadar berbicara meningkatkan mutu pendidikan. Lebih dari itu, mewujudkan tenaga kependidikan yang memiliki pemahaman yang menyeluruh terkait layanan pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan.

“Dengan pendidikan terintegrasi tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kualitas anak didik kita di masa mendatang,” jelasnya dalam Kongres PAUD Kota Depok, di Balkot Depok, Selasa (22/05/2018).

Dirinya berpendapat, penguatan sinergitas dengan berbagai elemen yang terkait dengan hal ini sangatlah penting. Pihaknya berkomitmen untuk terus belajar mengelola PAUD HI agar menjadi mitra pemerintah yang mampu meningkatkan kualitas PAUD di Kota Depok.

Sementara itu, Direktorat Pembinaan dan Pendidikan Keluarga Kemendikbud RI, Agus M Solihin memaparkan, program PAUD HI ini merujuk pada Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2013. Program tersebut, imbuhnya, merupakan upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegrasi.

“Satuan PAUD memiliki peranan yang sangat strategis dalam upaya pemenuhan kebutuhan anak tersebut, melalui kerja sama lintas sektor dengan sektor-sektor terkait,” tandasnya.(mia)