ilustrasi (istimewa)

Pendidikan Onilne, Gimana Pendapat Generasi Muda, Ya?

Posted on 194 views

DepokNews — Di era digital saat ini, belajar bisa dilakukan di mana saja. Tidak terbatas hanya di ruang-ruang kelas di kampus atau sekolah. Kamu bisa belajar dari mana saja.

Apakah itu saja manfaat yang didapat dari pembelajaran di dunia maya? Enggak juga.

Perkembangan pembelajaran online ini ditopang oleh peningkatan populasi pengguna Internet di Indonesia. Berdasarkan data APJII tahun 2016, populasi pengguna Internet di Indonesia adalah 132,7 juta. Sebanyak 47,6 persen adalah pengguna mobila dan 50,7 persen adalah gabungan pengguna mobile dan komputer.

Berdasarkan catatan info.shiftelearning.com, pembelajaran secara e-learning menyajikan banyak keunggulan di banding pembelajaran konvensional. Pembelajaran e-learning 60 persen lebih singkat dibandingkan kelas biasa untuk materi yang sama. Di sisi lain, pembelajaran ini rupanya lebih memiliki daya tarik agar siswa terus kembali belajar, dibandingkan kelas biasa.

Tanpa menambah waktu pembelajaran, siswa yang belajar secara e-learning mempelajari materi 5 kali lebih banyak.

Mengambil contoh layanan Squaline, start-up yang menyediakan platform belajar bahasa asing secara online. Platform ini menyediakan layanan belajar bahasa Inggris, Mandarin dan Jepang.

Di balik Squaline adalah teknologi bernama Learning Management System (LMS), yaitu perangkat lunak yang dapat membantu siswa untuk merencanakan, mengimplementasikan, memonitor, serta mengevaluasi sebuah pembelajaran.

Guru dapat memberikan materi belajar dan tugas-tugas secara online kemudian memberikan penilaian atau laporan evaluasi kepada muridnya. Sang murid pun dapat dengan mudah mengakses metode pembelajaran dan berkonsultasi dua arah melalui aplikasi chat atau video call.

Pembelajaran online bukan cuma Squaline lho. Kalau Squaline khusus untuk belajar bahasa asing, kamu juga bisa memperdalam pelajaran sekolahmu melalui platform macam Ruangguru dan Quipper Video.

Ruangguru adalah aplikasi belajar tambahan untuk siswa dari jenjang SD sampai SMA. Kamu bisa belajar dengan cara menonton video, mengerjakan soal, les privat, tryout, yang bisa diakses dari smartphone dan laptop.

Adapun di Quipper kamu bisa mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional atau SBMPTN. Materi yang diberikan sudah sesuai dengan kurikulum nasional dan didukung tutor yang berkualitas, cukup dengan satu kali membayar.