DepokNews–Para pencari kerja dari berbagai wilayah Kota Depok dan sekitarnya pada Rabu (12/11) memanfaatkan pelaksanaan bursa kerja atau job fair yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Depok.

Bursa kerja  digelar di perbelanjaan D’mall di Jalan Margonda, Kemiri Muka, selama dua hari  Rabu-Kamis (11-12/18), pada hari pertama dimanfaatkan para pencari kerja dengan mendatangi setiap stand perusahaan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok Diah Sadiah kepada wartawan mengatakan Dinas Tenaga Kerja Kota Depok, menggelar bursa kerja dengan menyediakan ribuan lowongan pekerjaan dari sejumlah perusahaaan, bagi para pencari kerja di Kota Depok.)

Diah Sadiah mengatakan pihaknya melibatkan 40 perusahaan dari berbagai bidang yang membutuhkan tenaga kerja terutama para lulusan SMA sederajat.

Menurutnya dari 40 perusahaan yang terlibat dalam bursa kerja ini semuanya ada perusahaan swasta

“Sebab belum ada perusahaan BUMN yang membuka lowongan kerja dalam bursa kerja ini. Ke 40 perusahaan yang mengikuti bursa kerja ini, formasinya sebagian besar bagi lulusan SMA sederajat,” katanya.

Menurut Diah kegiatan ini digelar berdasarkan UU No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan selalu digelar setiap tahun oleh Pemkot serta gratis.

“Kami harapkan semua lowongan kerja yang disediakan dapat terserap oleh para pencari kerja, warga Depok”katanya.

Bursa lowongan kerja terserap bagi warga Kota Depok.

“Sebabkami juga telah memberikan imbauan ke semua perusahaan, agar mengutamakan warga Depok,” katanya.

Pelaksanaan bursa kerja merupakan upaya Disnaker dalam mengurangi angka pengangguran tingkat lulusan SMA sederajat di Depok.

Ia mencatat, berdasarkan data yang ada pada 2017, terdapat 72.521 orang menganggur di Kota Depok.

Dari jumlah itu, 30 persennya adalah lulusan SMA sederajat.

Selain digelar gratis, kata Diah, dalam bursa kerja ini pihaknya melayani pembuatan kartu kuning atau kartu pencari kerja atau AK 1 secara gratis bagi mereka yang sedang mencari kerja.

Ditargetkan dalam dua hari bursa kerja ini, ada sekitar seribuan lebih pelamar yang datang.

Apalagi lowongan yang tersedia cukup banyak dari 40 perusahaan swasta yang terlibat ini.

Bagi para pencari kerja atau pelamar yang hadir wajib membawa surat lamaran lengkap disertai riwayat hidup (CV), salinan ijazah terakhir, fotokopi KTP,  serta pas foto ukuran 4×6.

Bagi mereka yang baru lulus SMA sederajat juga bisa ikut melamar kerja, meski belum mendapat ijazah yang masih dalam proses.

Penggantinya bisa berupa fotokopi surat keterangan lulus dari sekolah asal mereka masing-masing.

Ia menjelaskan Kota Depok bukanlah kota industri, melainkan kota sebagai yang lebih cenderung sebagai tempat perdagangan dan jasa.

Jadi kebanyakan perusahaan di Depok ini mencari pelamar kerja yang memiliki kemampuan seperti marketing dan mau melayani.

“Kami harapkan kepada pencari kerja dapat mencoba terlebih dahulu, dan dapat memanfaakan momen ini dengan semaksimal mungkin,” katanya.

Beberapa perusahaan di Kota Depok, kata Diah juga akan terlibat dalam bursa kerja ini dan tentunya mereka berharap mendapatkan tenaga kerja yang juga warga Depok.

Sementara itu salah satu pencari kerja Rahman mengatakan dirinya baru saja lulus dari salah satu sekolah dan saat ini sedang melanjutkan studi di perguruan tinggi swasta di Jakarta.

“Kami mau coba saja dan melihat job fair ini, siapa tahu dengan menaruh lamaran disini bisa dipanggil dan bekerja”katanya.(aji hendro)


Area lampiran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here