DepokNews– Hujan yang mengguyur wilayah Kota Depok mengakibatkan permukiman warga yang ada di Kecamatan Sawangan mengalami longsor.

Berdasarkan informasi yang dihimpun bencana longsor terjadi di Kecamatan Sawangan, Kelurahan Pasir Putih tepat nya di Jalan Mawar GG Usman Bontong. Akibatnya, akses jalan yang biasa digunakan warga setempat menuju beberapa wilayah seperti Jalan Kampung Benda dan Jalan Rawa Denok Kota Depok terputus.

“Bawahnya kan jurang dan sungai, kami warg sini ga berani lewat situ terutama ketika hujan. Ngeri, licin apalagi kalau bawa motor kemarin jalannya sudah tinggal sedikit,” ucap Sadel warga sekitar.Senin 30 Desember 2019.

Beberapa waktu lalu Pemerintah Kota Depok telah membangun turap, atau konstruksi penahan tanah untuk mengantisipasi longsor. Namun ternyata tidak mampu menahan hujan lebat, ditambah lagi pohon – pohon bambu yang berada diatas jalan berjatuhan.

“Akhirnya karena tidak tahan menahan beban, turapnya jebol sekaligus memakan jalan,” bebernya.

Selain itu longsor juga menggerus pemakaman warga yang berada di samping jalan, dari 30 pusara kini hanya tersisa empat makam yang kondisinya juga rawan longsor apabila hujan lebat turun sewaktu – waktu.

“Alat berat sudah datang, dan mulai membenahi jalan yang terputus juga memasang turap baru. Luas jalan yang ambles itu keseluruhannya 12 meter, sekarang tinggal dua meter,” jelasnya.

Sementara itu tak jauh dari lokasi jalan yang ambles, terlihat beberapa rumah juga rawan longsor. Tanah disekitar lokasi pemukiman warga semakin tergerus. Tak hanya itu, pepohonan juga sudah bertumbangan dan jatuh ke bawah terbawa aliran sungai Pesanggrahan.

“Sudah seminggu turun hujan besar, tanah dekat rumah sudah mulai longsor,” ucap Rosinah pemilik rumah.

.