DepokNews–Ratusan pemuda di Kecamatan Beji mendapatkan pembinaan dan pelatihan kepemimpinan. Pembinaan dilakukan untuk menciptakan generasi muda yang berkualitas.

Pembinaan di gelar Pusdiklat Graha Insan Cita Sukmajaya, pada Rabu(13/11).

Camat Beji, Anis Fatoni mengatakan, dalam pembinaan kali ini pihaknya menghadirkan 150 peserta dari berbagai organisasi kepemudaan di Beji.

Para pemuda tersebut akan diberikan materi baik dari bidang keorganisasian dan juga pembinaan karakter selama 1 hari.

“Pembinaan kepemudaan merupakan kegiatan yang usulannya dari para pemuda juga. Misalnya, dari Karang Taruna maupun komunitas yang ada,” ujarnya.

Dia mengatakan, pemuda memiliki peran penting. Keberadaan pemuda dapat menyukseskan berbagai program pemerintah.

Visi dan misi untuk membangun, mengembangkan wilayah serta memajukan Beji ada di tangan para pemuda.

“Maka tugas pemerintah pula memberikan wadah, salah satunya pelatihan ini, dan membekali mereka dengan ilmu pengetahuan,” jelasnya.

Anis menambahkan, pemuda di Beji sangat aktif di berbagai kegiatan. Mulai dari kegiatan sosial hingga kesenian.

“Yang mereka butuhkan adalah dukungan dari kami (Pemkot Depok). Dengan kehadiran kami di setiap kegiatan yang mereka buat, para pemuda bisa menyampaikan gagasannya kepada kami,”katanya.

Di lokasi sama, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok, Wijayanto mengatakan Pemerintah Kota Depok terus berupaya mengoptimalkan peran pemuda sebagai mitranya dalam pembangunan.

Pembinaan serta pelatihan juga terus dilakukan hingga ke wilayah terkecil.

“Mewakili Bapak Wali Kota Depok, Mohammad Idris, saya sangat mendukung kegiatan pembinaan yang dilakukan Kecamatan Beji. Membina mereka merupakan tangung jawab bersama,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, melalui Disporyata Kota Depok pembinaan pemuda juga menjadi agenda rutin.

Menurutnya, semakin banyak kegiatan pembinaan, maka tujuan menciptakan pemuda yang unggul, andal dan religius bisa tercapai.

“Berbagai wadah disiapkan untuk pemuda di tengah perkembangan zaman. Meski banyak tantangan tentu akan ada banyak kesempatan dan potensi yang bermunculan. Jika fokus, pemuda akan bisa bertahan,” jelasnya.

Dirinya menjelaskan, fokus Pemkot Depok kepada pemuda telah diramu dalam target pembangunan. Yakni pada pembangunan karakter serta penanaman wawasan kebangsaan.

“Pemuda berarakter, beretika, religius serta mencintai tanah air yang kami harapkan dapat memimpin peradaban yang akan datang. Mudah-mudahan bisa tercapai,”katanya.