Pemprov Jabar Siapkan Beasiswa Untuk Hafiz Quran Sebesar Rp 50 Juta Per Orang

Posted on 15 views

Depoknews.id, Depok– Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang hafiz Quran senilai Rp 50 juta per orang. Beasiswa tersebut sudah dianggarkan oleh Pemprov Jabar sebesar Rp 40 miliar untuk tiga jenis beasiswa dalam APBD 2017. Sementara untuk hafiz Quran Disdik Jabar menganggarkan Rp 5 miliar.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Ahmad Hadadi. Beasiswa akan diberikan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi. Salah satunya mahasiswa yang hafal Al Quran. “Ada tiga jenis beasiswa, pertama untuk yang hafal Al Quran bagi yang sudah kuliah di perguruan tinggi di Jawa Barat,” ungkap Hadadi seperti dikutip dari Republika.co.id, Rabu (18/1).

Beasiswa tersebut diperuntukan bagi mahasiswa yang minimal sudah menghafal 15 juz. “Nantinya akan ada seleksi untuk menentukan kelayakan menerima beasiswa. “Beasiswa hafidz Quran disediakan bagi 100 orang. Bagi yang berminat silakan mengajukan ke kami (Disdik Jabar) nanti kami akan seleksi,” ujarnya.

Selain itu, anggaran tersebut juga dialokasikan oleh Disdik Jabar untuk beasiswa bagi mahasiswa Al Azhar Mesir asal Jawa Barat. Hadadi menyebutkan ada 500 mahasiswa asal Jabar yang menempuh pendidikan di Al Azhar dan mereka akan mendapatkan Rp 10 juta per orang.

Menurutnya, para mahasiswa yang sedang menimba ilmu di Al Azhar merupakan calon generasi muda yang tengah memahami ilmu keagamaan. Nantinya pemahaman tersebut diharapkan akan berguna bagi Jawa Barat.

Pemprov juga menyiapkan Rp 30 miliar untuk mahasiswa yang berprestasi dibidang lainnya yang masuk dalam Penghargaan Atlit Guru Tenaga Medis (PAGM). PAGM ini diberikan pada berbagai latar belakang. Misalnya mereka yang berprestasi di olahraga, tenaga medis, guru atau mungkin yang memiliki kemampuan lain.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan sangat mendukung pemberian beasiswa ini. Terutama beasiswa yang diberikan bagi para hafiz Quran yang dinilai bukanlah orang biasa. “Pasti dia memiliki kemampuan yang cerdas. Orang hafalin Al Quran setengah juz aja susah kok. Apa lagi 15 juz, untuk itu kita ingin berikan jalur ini,” ungkap Aher, sapaan akrab Ahmad Heryawan.

Beasiswa bagi masyarakat Al Azhar juga dipandang sangat bagus. Karena mereka adalah calon generasi bangsa yang akan menghadirkan dan mengajarkan agama di Jabar.