Pemprov Jabar Jalin Kerja Sama dengan Universitas Indonesia

Posted on 4 views

DepokNews — Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Universitas Indonesia (UI) menandatangani Nota Kesepakatan Bersama terkait kerja sama di bidang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Pembangunan di Jawa Barat.

Penandatanganan NKB dilakukan oleh Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met dan Gubernur Jawa Barn Barat Dr. (HC) H. Ahmad Heryawan, Lc , M Si, Jumat (7/4) di Auditorium FHUI kampus Depok.

Kerja sama antara UI dan Pemprov Jawa Barat telah terjalin diantaranya melalui pemberian Hibah Riset sebesar 1.15 M dari BP3IPTEK (Badan Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) yang sekarang berganti nama menjadi BP2D (Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah) Jawa Barn. Riset yang dilakukan para periset UI ini merupakan kajian untuk pembangunan Jawa Barat bagian selatan dalam bidang spasial, kesehatan, sosial, dan ekonomi.

Kerjsama UI dengan Pemprov Jawa Barat tak hanya dalam bidang penelitiati dan pendidikan. Pada tahun 2016 juga memberikan hibah kendaraan untuk Universitas Indonesia, yaitu 5 unit bus dan 1 unit commuter Hiace senilai 4.5 M. Selain itu, Pemprov Jawa Barat juga mendukung akses masuk Rumah Sakit Pendidikan UI melalui Jalan Tol yang saat ini tengah dibangun.

Penyelenggaraan kuliah umum ini selaras dengan peran aktif UI di dalam meningkatkan kerjasama dan kolaborasi dengan pemerintah, universitas dan industri (triple helix. Diharapkan sinergitas antara UI dan Pemprov Jawa Barat dapat mendorong optimalisasi pelaksanaan Program Tridharma Perguruan Tinggi serta implementasi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Provinsi Jawa Barat Tahun 2005-2025.

Usai penandatanganan NKB, Ahmad Heryawan juga  memberikan kuliah umum ke hadapan mahasiswa UI dan masyarakat umum dengan topik “Membangun Kemitraan Triple Helix dalam Meningkatkan Daya Saing Daerah”.

Dalam kuliah umum tersebut Gubernur Jawa Barat menekankan pentingnya pendidikan dalam mencapai kemajuan dan kesejahteraan suatu bangsa.

“Pendidikan memegang peran yang sangat dominan dalam untuk kemajuan dan kesejahteraan suatu bangsa. Melalui pendidikan akan lahir SDM yang berkualitas yang akan mengelola SDA untuk mencapai kesejahteraan,” papar Gubernur.