Foto: Walikota Depok, Mohammad Idris
DepokNews- Tahun ini 400 kios akan disediakan Pemkot Depok untuk pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM). Pengadaan kios tersebut sebagai wujud program 1000 kios yang dibesut Pemkot Depok.
Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan, bahwa Pemkot Depok akan selalu mendukung kegiatan ekonomi kreatif di Kota Depok. Untuk itu, Pemkot Depok melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) akan terus berupaya untuk mewujudkan program 1000 kios di tahun 2020.
“Hal ini sebagai bentuk dukungan pemerintah akan keberadaan UMKM di Depok, yang juga dapat menggerakkan perekonomian di kota ini,” jelas Idris.

Untuk pasar modern, hotel dan tempat yang bukan fasilitas sosial (fasos), fasilitas umum (fasum) untuk menyediakan lahan bagi usaha mikro sebesar 2 persen. Hal tersebut juga telah diingatkan Pemkot. Penyediaan tempat usaha tersebut diharuskan dan tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Depok Nomor 18 tahun 2012 tentang UMKM.

“Pasar modern atau mall harus menyisihkan lahan sebesar 2 persen untuk UMKM. Selain itu, nantinya para pelaku usaha itu akan difasilitasi dari sisi keamanan seperti CCTV dan wifi gratis untuk menunjang penjualan secara online,” tandasnya.(mia)