Pemkot Depok Siap Tangkal Virus Cyber Ransomware WannaCry

Posted on

DepokNews- Guna menangkal adanya serangan virus cyber ransomware WannaCry, Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Komunikasi dan Informatika melakukan back up data. Namun untuk melakukan itu sistem jaringan dimatikan terlebih dahulu. Sehingga pelayanan berbasis IT sedikit terganggu.

Hal itu diungkapkan Plt Diskominfo Kota Depok Widyati Riyandani mengatakan pihaknya melakukan back up data khususnya terkait data-data penting.

“Supaya tidak kejadian seperti yang di rumah sakit Dharmais kami tangkal virus dengan cara lakukan backup data,” ujarnya.

Sementara itu Kabid Aplikasi Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok Rahmat Maulana menjelaskan pemindahan data dilakukan satu hari. “Ada sekitar 40 OPD di lingkup Pemkot yang melakukan back up data termasuk kantor kecamatan, ” jelasnya.

Dengan adanya proses tersebut, lanjutnya, kegiatan pelayanan yang berbasis informasi teknologi (IT) sedikit terganggu. “Iya sedikit, tapi ini kan sementara. Tujuannya kan agar data-data penting seperti program-program kegiatan, rencana anggaran, dan lain-lain terselamatkan dari serangan virus ransomeware WannaCry,” pungkasnya.

Sebelumnya Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) menyebut dua rumah sakit di Jakarta menjadi korban serangan cyber ransomware WannaCry, yang juga melanda dunia.

Dua rumah sakit yang dimaksud adalah Rumah Sakit Harapan Kita dan Rumah Sakit Dharmais.

Ransomware yang menyerang kedua rumah sakit itu, berjenis malicious software atau malware yang menyerang komputer korban dengan cara mengunci komputer atau mengenkripsi semua data yang ada sehingga tidak bisa diakses kembali.

Guna membuka kembali data tersebut, korban harus membayar tebusan dalam bentuk Bitcoin.

Ransonmware mengunci semua data dan mengganggu sistem teknologi informasi yang menyimpan seluruh data kesehatan pasien juga catatan pembayaran rumah sakit.(mia)