DepokNews- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok persiapkan rumah sakit darurat COVID-19. Mengingat kondisi sejumlah rumah sakit di Kota Depok baik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), RS UI dan rumah sakit swasta yang kekurangan jumlah tempat tidur atau bed untuk perawatan pasien bagi Covid-19.

Melihat jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 dan angka Penukaran cukup tinggi di warga Kota Depok sehingga ketersediaan tempat tidur di RSUD, RS UI dan rumah sakit swasta kekurangan menjadi salah satu perhatian serius Pemkot Depok untuk mendirikan rumah sakit darurat, ” kata Wakil Ketua III Satgas Penanggulangan Covid-19 Depok, Sri Utomo, Senin (28/6).

Pihak memang tengah berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan propinsi Jawa Barat untuk mendirikan rumah sakit darurat jika sangat mendesak karena sejumlah tempat tidur atau beda di RSUD, RS UI dan rumah sakit swasta kekurangan untuk pasien Covid-19.

Sebetulnya, tambah dia, Pemkot Depok juga sudah mengingatkan dan meminta kepada seluruh rumah sakit, agar menambah jumlah tempat tidur perawatan Covid-19 namun karena semakin banyak yang terkonfirmasi jadi agak kesulitan serta membutuhkan tambahan tempat tidur perawatan.

Menurutnya, kehadiran atau keberadaan rumah sakit darurat masih direncanakan karena memang harus betul-betul dikelola dengan tenaga kesehatan yang memadai karena lokasi ini nantinya menjadi salah satu tempat penampungab pasien Covid-19.

“Yang harus diperhatikan sekarang ini sehingga harus berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan propinsi Jawa Barat adalah sebagian tenaga kesehatan (Nakes) Kota Depok juga banyak terpapar Covid-19,” tutup Sri.(mia)