Ilustrasi pemberian vaksinasi Covid-19. (Foto: JD04)

DepokNews – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mulai memberikan vaksinasi Covid-19 bagi kelompok pra lansia. Vaksinasi dapat dilakukan di Rumah Sakit (RS) maupun Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Depok, Umi Zakiati mengatakan, vaksinasi Covid-19 dapat dilakukan pada 23 RS dan 38 UPTD Puskesmas di Kota Depok. Untuk cara pendaftaran dapat dilakukan secara online.

“Tata caranya bisa dilihat di media sosial (medsos) masing-masing RS. Sedangkan vaksinasi di Puskesmas dapat melalui hotline yang mereka miliki,” katanya, Selasa (15/06/21).

Umi menuturkan, pendaftaran vaksinasi Covid-19 secara online ini agar dapat mengefisiensikan vaksin yang digunakan, karena satu vial vaksin untuk 10 dosis/orang.

Kemudian, sambungnya,pelaksanaan layanan vaksinasi  Covid 19 jadwalnya disesuaikan masing-masing RS dan Puskesmas.

“Pelayanan vaksinasi sesuai jadwal di RS dan Puskesmas,” tambahnya.

Untuk diketahui, sesuai Surat Edaran (SE) Dinkes Kota Depok yang dikeluarkan pada 03 Juni 2021, sasaran pemberian vaksinasi Covid-19 umur pra-lansia, mulai dari usia 50 tahun ke atas.  Sedangkab untuk usia 18 hingga 49 tahun dapat menerima vaksin bila membawa dua orang usia 50 tahun ke atas.

Sedangkan untuk RS yang memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19 antara lain RS Umum Tugu Ibu, RS Umum Puri Cinere, RS Umum Hermina Depok, RS Umum Meilia, RS Umum Bunda Margonda, dan RS Universitas Indonesia. Kemudian, RS Umum Mitra Keluarga Depok, RS Umum Bhayangkara Depok, RS Umum Daerah Kota Depok, dan RS UMUM Bhakti Yuda Depok. 

Lalu, RS Ibu dan Anak Tumbuh Kembang, RS Umum Sentra Medika, RS Umum Graha Permata Ibu, RS Hasanah Graha Afiah, dan RS Umum Simpangan Depok. Serta Rumah Sakit Ibu dan Anak Asyifa Depok, RS Ibu dan Anak Setya Bhakti, RS Jantung Diagram, RS Umum Permata Depok, RS Umum Citra Media Depok, RS Umum Citra Arafiq, RS Ibu dan Anak Bunda Aliyah, dan RS Brawijaya Bojongsari.

“Sedangkan untuk Puskesmas sebanyak 38 Puskesmas se-Kota Depok,” tandas Umi.

Sumber : depok.go.id