Foto: Sosialisasi Pilgub

Pemkot Depok Mulai Persiapkan Pilgub 2018

Posted on 11 views
DepokNews — Sebelum memasuki Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2018 perlu adanya kegiatan sosialisasi persiapan penunjang Pilgub 2018. Seperti yang dilakukan melalui Perangkat Daerah terkait, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan terus melakukan persiapan-persiapan yang dapat menunjang pelaksanaan Pilgub Jabar 2018 di Kota Depok secara maksimal. Salah satunya, dengan memastikan seluruh calon pemilih yang ada di Kota Depok dapat memberikan hak suaranya pada pelaksanaan Pilgub nanti.“Sejauh ini, kendala teknis yang sedang dihadapi yaitu terkait perekaman data e-ktp dan penerimaan blanko e-ktp tersebut. Namun, persoalan ini tidak hanya dirasakan oleh warga Kota Depok saja. Hampir seluruh daerah di Indonesia juga mengalami hal serupa. Kami akan terus mengupayakan bersama dengan KPU Kota Depok, sehingga para pemilih yang bisa melakukan pemungutan suara ke TPS mencapai angka 100 persen,” ujar Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna.

Di samping itu, sosialisasi tahapan pelaksanaan juga dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok  dengan mengadakan sosialisasi tahapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2018. Hal itu dimaksudkan agar Pilgub Jabar 2018 berjalan sesuai prosedur, aman, dan tertib.

Kegiatan tersebut, turut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna, sejumlah unsur pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Depok, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Depok, Perangkat Daerah terkait, beserta seluruh perwakilan pengurus partai politik yang ada di Kota Depok.

Wawalkot juga mengapresiasi KPU Kota Depok beserta sejumlah pihak yang telah mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut. Ia menyampaikan bahwa hal ini sangat diperlukan untuk menciptakan suasana Pilgub Jabar 2018 yang tertib dan aman di Kota Depok.

“Hal ini sangat penting, mengingat kita semua sudah sepakat  bersama-sama menjaga dan memastikan agar pelaksanaan Pilgub Jabar 2018 di Kota Depok ini tetap kondusif, nyaman serta memuaskan semua pihak,” papar pradi.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Kota Depok, Titik Nurhayati menjelaskan, tujuan diadakannya sosialisasi tersebut tidak hanya untuk menginformasikan kepada seluruh stakeholder yang ada di pemerintahan beserta partai politik yang ada di Kota Depok. Namun, diharapkan dapat terciptanya kesamaan persepsi mengenai penyelenggaraan Pilgub Jabar 2018 di Kota Depok ini agar dapat berjalan dengan sukses.

“Karena kesuksesan Pilgub Jabar 2018, tidak hanya menjadi tanggung jawab kami selaku pihak penyelenggara. Namun diperlukan sinergitas dari setiap unsur agar dapat memastikan semuanya berjalan dengan baik mulai dari tahap sosialisasi sampai tahap akhir,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, pihaknya juga akan gencar  melakukan sosialisasi secara massif ke seluruh masyarakat yang ada di Kota Depok. Diantaranya, dengan menginformasikan terkait penyelenggaraan Pilgub Jabar tersebut, ke seluruh Kecamatan yang ada di Kota Depok.

“Melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), kami akan sosialisasikan hal ini ke seluruh Kecamatan. Harapannya, agar tujuan kami untuk meningkatkan kualitas demokrasi di Kota Depok dapat terwujud,” tandasnya.